Jumat, 22 Mar 2019 13:38 WIB

Vanessa Angel Protes Menu Penjara, Begini Aturan Menu Pesakitan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vanessa Angel (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom) Vanessa Angel (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Vanessa Angel sempat mengeluhkan makanan jatah selama dalam tahanan. Dikutip dari detikNews, hal ini diungkapkan mantan kekasih Vanessa, Febri Ardiansyah alias Bibi dalam akun Instagram beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, sejak ditahan Vanessa memang mendapat jatah makanan dari tahanan. Menurut Barung, pihaknya tidak membedakan jatah makanan untuk seluruh penghuni rumah tahanan (rutan). Barung juga mengatakan menu tersebut sudah diperiksa sehingga kebersihan dan kesehatannya terjaga.



Pengaturan untuk penghuni penjara sudah tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Aturan tentang Standar Penyelenggaraan Makanan di Lembaga Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara dan Cabang Rumah Tahanan Negara tersebut bernomor PAS-498.PK.01.07.02 Tahun 2015. Penetapan aturan telah mempertimbangkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) penghuni penjara berbagai usia, termasuk yang dewasa.



Untuk pria dewasa, asupan tiap hari harus memenuhi kebutuhan 2.520 kkal dengan 90 gram protein, 50,5 gram lemak, dan 431,25 gram karbohidrat. Bagi wanita dewasa, asupan harus mencukupi kebutuhan 2.170 kkal dengan 82 gram protein, 50,5 gram lemak, dan 351,25 gram karbohidrat. Kandungan yang sama juga harus diperoleh penghuni penjara yang masih berusia anak.

Pengaturan menu dilakukan seluruh komponen penjara yang bertanggung jawab atas urusan dapur dan logistik tiap 10 hari. Salah satu yang diatur adalah biaya sekali makan penghuni penjara berdasar rayon atau lokasi rutan. Harga bisa berubah berdasar tingkat inflasi yang ditetapkan Kementerian Keuangan dan komponen lain, misal pajak dan harga bahan bakar. Berdasar tingkat inflasi 2013 selama penyusunan aturan, biaya makan yang dicontohkan untuk rayon 1 adalah Rp 16.208, Rp 17.987 untuk rayon 2, dan Rp 21.644 bagi rayon 3.

Kerangka menu untuk makan pagi, siang, dan malam penghuni penjara relatif sama. Menu makan pagi terdiri atas makanan pokok, lauk hewani atau nabati, dan sayuran. Menu makan siang dan malam sama dengan pagi yang ditambah buah. Menu ditambah kudapan yang terdiri atas kue basah dan minuman. Pengaturan menu bertujuan menjamin kebersihan, kesehatan, dan kecukupan gizi asupan tiap hari bagi penghuni penjara terlepas dari cara memasaknya.




Tonton juga video saat Feby Febiola dan Ovi Sovianti Jenguk Vanessa Angel:

[Gambas:Video 20detik]


Vanessa Angel Protes Menu Penjara, Begini Aturan Menu Pesakitan
(up/up)
News Feed