Selasa, 26 Mar 2019 20:19 WIB

Lapar Tengah Malam? 6 Cemilan Ini Bisa Jadi Pengganjal Tanpa Bikin Gemuk

Ayunda Septiani - detikHealth
Makanan di malam hari mana yang cocok? Foto: Thinkstock Makanan di malam hari mana yang cocok? Foto: Thinkstock
Jakarta - Ketika rasa lapar menyerang di malam hari, kamu kerap merasa bimbang. Hal ini karena ketika tidur, proses metabolisme lebih lambat, sehingga berat badan akan bertambah. Di sisi lain, kamu akan mengalami kesulitan tidur saat merasa lapar. Menyantap camilan menjadi sesuatu yang serba salah.

Namun, ternyata tidur dalam keadaan lapar pun tidak disarankan. Dikutip dari Step To Health, ada beberapa camilan yang akan membuat berat badan terjaga dan mencapai kualitas tidur yang baik, meski dinikmati malam hari sebelum tidur. Apa saja?



Pisang.Pisang. Foto: iStock

1. Pisang dan almond

Camilan dari dua bahan yang sehat ini dapat mengendalikan rasa lapar pada malam hari. Pisang tumbuk yang ditambahkan dengan irisan kenari bisa dapat mengurangi asam lambung dan mulas.

Camilan ini mengandung asam amino penting, seperti tryptophan yang dapat membantu mencegah insomnia. Kamu dapat menumbuk setengah buah pisang matang dan mencampurkannya dengan kenari yang sudah dicincang halus.

Susu putih.Susu putih. Foto: iStock

2. Susu hangat dengan kayu manis

Minum susu dipercaya dapat menjaga kualitas tidur. Namun demikian, jika kamu mengonsumsinya sebelum tidur, pilihlah susu yang rendah lemak, susu skim, atau susu bebas laktosa.

Menambahkan kayu manis pada susu hangat dapat bermanfaat bagi metabolisme dan pencernaan kamu lho healthy friend. Kamu dapat menikmatinya 20 hingga 30 menit sebelum tidur.

Yogurt ideal dikonsumsi sebelum tidur.Yogurt ideal dikonsumsi sebelum tidur. Foto: Istock

3. Yogurt dengan gandum

Camilan lezat ini menjadi salah satu kudapan yang ideal untuk dikonsumsi sebelum tidur. Lantaran yogurt dan gandum merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan melindungi flora usus dan dapat membuat tertidur lelap.

Kamu dapat mencampurkan setengah cangkir yogurt alami rendah lemak dengan satu sendok gandum. Kamu dapat mengonsumsinya 30 menit sebelum tidur.


4. Yogurt dengan cranberry

Hidangan pencuci mulut ini mengandung asam amino esensial, vitamin, antioksidan dan berbagai macam nutrisi lain yang memberi manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, dengan senyawa probiotiknya, yogurt dapat melindungi flora usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kamu dapat mencampurkan yogurt yunani dengan cranberi beku dan menikmatinya sebelum tidur.

Sereal dengan susu almond.Sereal dengan susu almond. Foto: Istimewa

5. Sereal gandum utuh dengan susu almond

Meski umumnya kamu mengonsumsinya saat sarapan pagi, kamu dapat mengonsumsinya saat lapar menyerang di malam hari. Lantaran kandungan kalorinya yang rendah, sehingga sereal ini tidak menimbulkan risiko berat badan.

Smoothies dengan apel.Smoothies dengan apel. Foto: iStock

6. Smoothies apel dan persik

Selain rasanya yang lezat, smoothies apel dan persik merupakan minuman rendah kalori. Kandungan antioksidan dan asam amino dapat merangsang proses detoksifikasi. Oleh sebab itu, dengan meminum smoothies ini, kamu akan mencapai kualitas tidur yang baik.





(up/up)