Kamis, 28 Mar 2019 11:04 WIB

Sudah Olahraga Berat Tapi Perut Masih Tetap Buncit? Dengar Saran Ahli Nutrisi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Meratakan perut buncit tidak selalu mudah (Foto: Istock) Meratakan perut buncit tidak selalu mudah (Foto: Istock)
Jakarta - Ketika kamu merasa olahraga yang kamu lakukan sia-sia dan nggak bikin perut kamu rata kayak Lisa Blackpink, coba kamu evaluasi lagi hal-hal yang bikin kamu belum merasakan perubahan pada perutmu. Masih nggak kepikiran salahmu apa?

Mungkin evaluasi Mury Kuswari, SPd, MSi, dari Indonesian Association of Fitness and Sport Nutritionist (ANOKI) bisa membantu kamu tersadar. Yang pertama: kamu olahraga keras TAPI baru dilakukan seminggu atau dua minggu saja.

Jadi mohon sabar Mbak dan Mas, bukan cuma buat bikin si dia mau jadi istri kamu aja yang butuh proses, untuk bikin perut nggak buncit juga butuh waktu.

"Visceral fat ngeri, nempel pada organ-organ dan risikonya jadi sangat luar biasa. Dan ini nggak bisa terjadi 1-2 hari, prosesnya sangat panjang, nggak bisa pakai program 13 atau 10 hari turun berat badan. Naik aja 13 tahun dari mulai ideal sampai kelebihan, pengen kurusnya 13 hari, nggak masuk akal ya," katanya saat ditemui di Jakarta Selatan baru-baru ini.



Bisa saja sih berat badan turun karena program diet singkat itu, tapi kemungkinan berat badan yang hilang itu bersumber air juga tak bisa ditampik.

Lalu tak cuma mengharapkan perut serata Cinta Laura dalam waktu singkat saja, evaluasi yang satu ini sering terlewatkan dari orang-orang Indonesia yakni mager alias malas gerak. Nah loh.

"Data 2013-2018 orang Indonesia yang kurang bergerak dan aktivitas fisik ternyata meningkat. Kita lihat, penyebab kematian nomor 4 di dunia itu karena kurang aktif gerak," tutur Mury.

Nah, gerak aja malas apalagi olahraga. Mury mengungkap data Riset Kesehatan Dasar 2018 di mana hanya sekitar 27 orang indo yang aktif berolahraga selama 150 menit per minggu.

"Padahal manfaatnya luar biasa, mulai dari psikis, fisik, metabolisme, dan banyak lain, dan ini untuk diri sendiri," tandas Mury.

(ask/up)
News Feed