Rabu, 17 Apr 2019 08:09 WIB

7 Makanan Ini Bisa Bantu untuk Fokus dan Konsentrasi Saat Nyoblos

Ayunda Septiani - detikHealth
Makanan bernutrisi bisa membantu otak makin fokus (Foto: Thinkstock) Makanan bernutrisi bisa membantu otak makin fokus (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Wah hari ini mau nyoblos ya? Hati-hati saat menyoblos, jangan sampai kamu salah coblos karena tidak fokus dan tidak konsentrasi.

Karena itu, pastikan sudah sarapan terlebih dahulu. Nyoblos dalam kondisi lapar bisa membuat tidak fokus. Dan ternyata ada makanan yang memang bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Apa yang kamu makan tidak hanya bisa mempengaruhi energi tubuh, tapi juga daya konsentrasi otak kita. Makanan yang dikonsumsi juga bisa berdampak pada aliran darah dan oksigen menuju otak. Nah hal inillah bisa mempengaruhi agar tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari Time Of India, berikut beberapa makanan yang bisa bantu kamu untuk meningkatkan konsentrasi otak dalam aktivitas sehari-hari.



1. Air Putih
Lebih dari 70 persen tubuh terdiri dari air. Sehingga, setiap fungsi tubuh akan bergantung pada air, termasuk aktivitas otak dan sistem saraf. Kurangnya konsumsi air bisa membuat kamu kehilangan fokus, menurunkan daya ingat, kelelahan, bahkan bisa menimbulkan sakit kepala, masalah tidur, dan lainnya. Sehingga, untuk mengoptimalkan fungsi otak, terutama dalam meningkatkan fokus atau konsentrasi kamu, perlu untuk mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari.

2. Cokelat hitam
Studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 60 persen kakao bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian.

Sebuah studi tahun 2013 juga menemukan bahwa orang yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan, mengalami perbaikan aliran darah ke otak, sehingga mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes memori. Konsumsi cokelat hitam bisa meningkatkan kadar endorfin dan serotonin, yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

3. Kafein
Studi tahun 2005 yang dilakukan oleh Florian Koppelstatter, menemukan bahwa mengonsumsi kafein bisa meningkatkan aktivitas otak yang terlibat dalam proses perencanaan, pemantauan, perhatian, dan konsentrasi. Sayangnya, efek kafein pada setiap orang akan bervariasi. Termasuk efek dalam meningkatkan konsentrasi otak, karena biasanya efek tersebut merupakan efek yang jangka pendek.



4. Pisang
Studi tahun 2008 menemukan bahwa siswa yang makan buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Kandungan potasium, merupakan mineral paling penting pisang. Bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung kamu.

5. Telur
Studi terdahulu menemukan bahwa asupan omega-3 yang terkandung dalam telur dapat meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati. Telur juga mengandung kolin, yang senyawanya dapat membantu menjaga selaput otak sehat.

6. Ikan salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu membangun sel-sel otak lho, memperlambat penurunan kognitif, dan memperkuat sinapsis di otak kamu yang terkait dengan memori. Kandungan protein dalam ikan salmon bisa menjaga otak tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

7. Alpukat
Alpukat di dalamnya mengandung 75 persen lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak sehat yang juga terkandung dalam minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggal ini bisa membantu meproduksi asetilkolin yang memperkuat memori. Kandungan tirosin yang tinggi dalam alpukat bisa meningkatkan fokus. Kandungan yang terdapat dalam buah ini juga memperbaiki aliran darah ke otak dan bersifat sebagai antiinflamasi.

(up/up)