Rabu, 17 Apr 2019 12:02 WIB

Fakta Unik Jari Kelingking yang Hari Ini Banyak Dicelup Tinta Pemilu

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kelingking dengan bekas pemilu juga jadi senjata untuk berburu diskon (Foto: Dikhy Sasra) Kelingking dengan bekas pemilu juga jadi senjata untuk berburu diskon (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta - Lini masa media sosial tengah dibanjiri foto jari kelingking bertinta, pertanda sudah menggunakan hak pilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Meski mungil, kekuatan jari kelingking tidak bisa diremehkan lho!

Seorang terapis dari National Rehabilitation Hospital di Washington, Laurie Rogers menyebut bahwa kelingking punya fungsi istimewa di antara jari lainnya. Bersama dengan jari manis, kelingking memberi kekuatan pada genggaman tangan.

Tanpa kelingking, "Kamu akan kehilangan 50 persen kekuatan tangan," kata Rogers, dikutip dari NYtimes.



Fakta unik lainnya adalah bahwa kelingking punya banyak nama. Dalam Bahasa Jawa, disebut sebagai 'jentik' sesuai ukurannya yang mungil. The Oxford Dictionary menamai kelingking sebagai ear finger, mercurial finger, atau pinky finger.

Bagi yang percaya, ukuran jari kelingking juga mengungkap kepribadian seseorang. Misalnya, jari kelingking yang panjangnya seukuran buku jari pertama jari manis, cenderung mencari keseimbangan di manapun berada alias cinta damai.

(up/up)
News Feed