Selasa, 23 Apr 2019 14:50 WIB

Berapa Total Kalori dalam Seporsi Nasi Padang?

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi rumah makan padang (Ardhi Indra Prasetya/detikcom) Ilustrasi rumah makan padang (Ardhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Siapa sih nggak doyan nasi padang? Kayaknya tak ada yang tahan dengan godaan makanan satu ini. Rasanya, para pecinta kuliner akan setuju jika nasi padang jadi makanan terlezat di Indonesia.

Tapi banyak juga yang khawatir tentang kalorinya. Jelas saja, karena seporsi nasi Padang bisa berisi beraneka macam lauk pauk dengan menu andalannya yakni rendang. Jadi, kira-kira ada berapa jumlah kalori ya dalam sepiring nasi Padang?



Berikut analisisnya menurut ahli gizi dr Tan Shot Yen, dalam perbincangan dengan detikHealth, Selasa (23/4/2019):

Nasi putih 200 gram = 360 kkal
Rendang daging 1 potong 100 gram = 193 kkal
Sayur nangka 50 gram (1 sendok) = 80 kkal
Daun singkong 50 gram = 25kkal

Total = 658 kkal
Ngapain mikir kalori. Sebab gemuk kurusnya tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh kuantitas hitungan kalori, tapi kualitas jenis makanan, metabolisme, hormon, serta probiotik usus.dr Tan Shot Yen - Pakar Nutrisi



Kebutuhan kalori tiap orang tentu berbeda. Pada pria dan wanita, disarankan untuk mengasup 2.000-3.000 kalori per hari sesuai dengan tingkat aktivitas kita. Jadi untuk seporsi nasi Padang dengan jumlah kalori total 658 kalori rasanya masih aman-aman saja.

"Ngapain mikir kalori. Sebab gemuk kurusnya tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh kuantitas hitungan kalori, tapi kualitas jenis makanan, metabolisme, hormon, serta probiotik usus," tambah dr Tan.



Simak Juga "Trik Makan Nasi Padang yang Murah dan Kenyang":

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)