Minggu, 09 Jun 2019 16:19 WIB

Masih Ngidam Kue Lebaran Tapi Takut Gemuk? Coba 4 Tips Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
kastengel yang gurih menggoda bisa berisiko membuatmu obesitas kalau ketagihan. Foto: Istimewa kastengel yang gurih menggoda bisa berisiko membuatmu obesitas kalau ketagihan. Foto: Istimewa
Jakarta - Kastengel, nastar, lidah kucing, putri salju, dan sederet kue-kue manis dan gurih yang muncul berlimpah saat Hari Raya Idul Fitri sangat menggoda. Walau lebaran telah usai, namun terkadang rasa ngidam tersebut tak bisa dihentikan.

Mengonsumsi makanan manis seperti kue kering di atas mungkin sekilas tak berbahaya, namun konsumsi gula yang berlebihan bisa membuatmu berisiko gemuk bahkan hingga obesitas. Ingin menghentikan rasa ngidam untuk ngemil kue lebaran melulu? Coba 4 tips berikut ini, seperti dikutip dari Men's Health:


1. Ganti dengan cemilan kaya protein
Saat kita lapar, hormon sus seperti glucagon-like peptide, ghrelin, dan insulin pada dasarnya 'memohon' untuk mendapatkan energi dari makanan. Menurut Michael Russo, MD, dokter bedah bariatrik di Orange Coast Memorial Medical Center, hormon-hormon tersebut disekresi oleh perut dan pencernaan lalu mengirimkan sinyal pada otak yang mengendalikan rasa lapar, ngidam dan kenyang.

Gula seperti glukosa dan fruktosa bagaikan bensin, terbakar dengan cepat dan memberikanmu energi sesaat. Jika kita memakan terlalu banyak gula, tubuh akan terbiasa dengan energi kilat ini, dan kamu akan menjadi semakin ngidam terus-menerus.

Dr Russo menyarankan untuk mencoba mengganti kue kering dengan makanan kaya protein secara perlahan. Protein bekerja membakar energi secara perlahan dan hormon akan mengirimkan sinyal ke otak untuk membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Makanan kaya protein seperti kacang (bukan yang diasinkan) atau edamame rebus.

2. Mengecoh otak dengan makanan kaya glutamine
Otak menggunakan glukosa sebagai energi sebanyak 95 persen setiap waktu, sementara 5 persennya berasal dari asam amino bernama glutamine. Craig Koniver, MD, dari Primary Plus Organic Medicine di Charleston, menyebutkan bisa jadi kita ngidam makanan manis karena otak rendah glukosa, sehingga mendorong keinginan biologis untuk mendapatkan lebih.

Kita bisa mencoba 'mengecoh otak' dengan memakan glutamine, bukan yang manis-manis. Dr Koniver merekomendasikan kapsul suplemen glutamine dosis 500mg, atau makan-makanan kaya glutamine seperti daging ayam, ikan, kubis, bayam, produk susu dan tahu.

"Saat pasienku merasa mulai ngidam yang manis-manis, aku beri tahu mereka untuk membuka kapsul (suplemen) dan tuangkan bubuknya di bawah lidah mereka di mana akan terbawa langsung ke aliran darah mereka," kata Dr Koniver.


3. Rencanakan makananmu
Mungkin kamu merasa sedang emosional, setelah berkumpul dengan keluarga dan dibombardir pertanyaan seperti 'Kapan nikah?' atau mantan yang tiba-tiba menghubungi kembali. Rasanya ingin menghilangkan galau dengan yang manis-manis, nih!

"Makanan manis menyebabkan respons hedonik di hipotalamus yang mengaktivasi sistem penghargaan dopamine. Peningkatan dopamine ini dapat mengatasi rasa sakit emosional," kata Barry Sears, PhD, presiden dari Inflammation Research Foundation.

Alkohol dan narkoba bekerja mirip seperti makanan manis ini, sehingga wajar jika beberapa orang kecanduan. Oleh karena itu, cobalah makan secara proaktif, bukan reaktif. Misalnya dengan merencanakan makan untuk satu hari, dan menyingkirkan kue-kue kering menggoda itu dari rencana makanmu. Berniat untuk tetap pada target akan membantumu melupakan godaan kue-kue tersebut (dan juga godaan mantan!).

4. Ubah ngidam jadi olahraga
Lebaran sudah dirayakan bagi umat Muslim sejak kecil, dan tentu saja tak akan lepas dari kue-kue kering tersebut. Mungkin juga beberapa sudah terbiasa diberikan kue sebagai penghargaan sudah bisa berpuasa setengah hari atau penuh.

Namun kebiasaan ini bisa menjadi buruk di usia dewasa, menurut psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD. Hal ini disebabkan otak mengasosiasikan makanan manis sebagai rasa nyaman, rasa asuh dan kasih sayang dan jika terus-terusan dilakukan bisa menyebabkan lingkaran setan antara memakan makanan manis sebagai penghargaan diri.

Oleh karena itu kamu bisa menggantinya dengan suatu hal yang sama enaknya namun tetap sehat, misalnya pijat atau berolahraga. Alihkan pikiranmu dari membuka toples kue kering dengan berlari atau berjalan cepat memutari kompleks rumah, selama 15 menit sudah cukup.

(frp/ask)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya