Rabu, 19 Jun 2019 08:10 WIB

Menyimpan Jus Buah Sebaiknya Tak Lebih dari Satu Jam! Ini Risikonya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kandungan nutrisi bermanfaat jus buah akan berkurang seiring berjalannya waktu. (Foto: Istock) Kandungan nutrisi bermanfaat jus buah akan berkurang seiring berjalannya waktu. (Foto: Istock)
Jakarta - Minum jus buah itu menyehatkan, akan tetapi dokter menyarankan untuk tidak menyimpannya lebih dari satu jam karena vitaminnya bisa hilang dan hanya tersisa kalori dari gulanya saja.

"Itu bisa tinggal kalori doang, gula aja yang tertinggal, vitamin udah nggak ada. Paling bagus itu makan buah, itu seratnya semua baik, tapi kadang-kadang di kota orang males makan lama, akhirnya jus. Tapi harus langsung di minum," dr Prasna Pramita, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS, Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro, menjelaskan.

Tapi terkadang, ada juga orang yang menyimpan jusnya ke dalam kulkas setelah diproses. Ternyata sama saja, hal itu tidak cukup untuk membuat jus dan segala vitaminnya terjaga.


"Nah itu harus tetap diminum kurang dari satu jam, sama saja kalau disimpan di kulkas," lanjutnya.

Jadi, kalau sudah selesai ngejus buah jangan lupa untuk langsung ditenggak ya. Sebisa mungkin juga kurangi gula biar kalori yang masuk juga nggak berlebihan dan lebih banyak seratnya.

(ask/up)
News Feed