Sabtu, 20 Jul 2019 09:22 WIB

Ketoprak Jadi Menu Andalan Plant Base Diet Cantika GAC

Kintan Nabila - detikHealth
Cantika Abigail. Foto: Kintan Nabil/detikHealth Cantika Abigail. Foto: Kintan Nabil/detikHealth
Jakarta - Diet selalu diidentikkan dengan program penurunan berat badan. Namun dalam artian sebenarnya, diet adalah soal mengatur pola makan.

Salah satu personel grup vokal GAC, Abigail Cantika menceritakan tentang plant base diet, dan perjalannya menjadi seorang vegan.

"Untuk plant base diet sendiri, sehari-hari aku makan sayuran, biji-bijian dan buah," katanya saat diwawancarai detikHealth di sela Vegan Festival Indonesia 2019 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Jumat (19/7/2019).

Cantika juga menambahkan bahwa ia tidak menemukan kesulitan apapun untuk mencari makanan yang sesuai dengan plant base dietnya.

"Aku kan kerjanya suka nyanyi ke kota kota lain dan makanan Indonesia itu banyak banget yang plant base. Kaya misalnya ketoprak, atau gado gado, pasti ada dong. Jadi plant base diet itu sebenarnya mudah banget," ujarnya.



Sebelum menjadi vegan, ia memulainya dengan menjadi vegetarian. Menjadi vegetarian artinya masih mengkonsumsi telur dan susu, sedangkan vegan sama sekali menghindari produk hewani.

"Awalnya aku jadi vegetarian selama 1,5 tahun dan masih memgkonsumsi telur dan susu, tapi sudah enggak mengkonsumsi daging dalam bentuk apapun. Ikan, kerupuk, terasi, semua yang mengandung unsur hewan enggak," tuturnya.

Cantika bilang bahwa keputusannya menjadi vegan adalah karena ia peduli dengan hewan.

"Aku orangnya nggak tegaan, jadi aku langsung mengambil keputusan. Udah deh aku enggak mengkonsumsi itu lagi. Terus aku research juga baca buku, nonton documentary. Kemudian aku jadi tau bahwa manusia bisa survive tanpa mengkonsumsi apapun yg dari hewan," katanya.

Ia juga menambahkan, banyak olahan makanan vegan yang enak dan memenuhi asupan gizi serta nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan banyak restoran yang berinovasi untuk membuat makanan vegan. Jadi vegan bukan hanya soal mengkonsumsi sayur.

"Ketika orang tau aku vegan, mereka bilang, lu makan salad tiap hari ya? Ya enggak lah, karena pasti tubuh bakalan lemes banget kalau cuma makan sayur," candanya.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)