Senin, 22 Jul 2019 09:31 WIB

Salah! Diet Vegan Tak Bikin Seseorang Kurang Nutrisi

Adelia Putri - detikHealth
Ilustrasi diet vegan. Foto: iStock Ilustrasi diet vegan. Foto: iStock
Jakarta - Menjadi seorang vegan adalah sebuah pilihan. Namun banyak yang mencibir bahwa pola makan berbasis nabati ini berisiko memicu kurang nutrisi.

Praktisi diet vegan membantah anggapan tersebut. Menurutnya, pangan nabati memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah lengkap dari sumber pangan hewani.

"Selama ini kan pandangan di dalam masyarakat kita, bahwa daging itu segala-galanya gitu, jadi kalau nggak makan daging walah pusingnya minta ampun, padahal itu semua salah," kata dr Lusia Anggtaini, MPH, ditemui di Vegan Festival Indonesia 2019 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, baru-baru ini.



Menurut dr Lusi, yang terpenting adalah pemilihan menu yang variatif. Bila pandai mengkombinasikan menu, maka tidak perlu khawatir kekurangan gizi.

"Misalnya saya hanya makan nasi putih dengan tahu yahh pastinya saya akan kurang gizi, tapi kalau makanan saya ada unsur karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang kebanyakan unsurnya dari sayur, dan buah lalu unsur semua itu terpenuhi maka kita takkan kekurangan gizi," jelasnya.

Malahan, sumber pangan nabati punya kelebihan yang tidak dimiliki sumber pangan hewani. Buah dan sayur-sayuran menurutnya adalah sumber serat terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.



Simak Video "Menggemuk Saat Puasa? Mungkin Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)