Jumat, 26 Jul 2019 13:09 WIB

Minyak Jintan Hitam Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Buktinya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Minyak jintan hitam bisa menurunkan berat badan (Foto: istock) Minyak jintan hitam bisa menurunkan berat badan (Foto: istock)
Jakarta - Jintan hitam atau habbatussauda dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat bagi kesehatan. Selain dapat menguatkan sistem imun dan mengobati jerawat, minyak jintan hitam juga bisa menurunkan berat badan.

Sebuah studi dalam Journal of Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa minyak jintan hitam bisa meningkatkan konsentrasi insulin serum yang lebih rendah dan menurunkan kadar glukosa serum yang meningkat. Kontrol glukosa yang baik akan menurunkan nafsu makan sehingga bisa membantu menurunkan berat badan, demikian dilaporkan Reader's Digest.

Meski belum ada banyak penelitian soal manfaat minyak jintan hitam bagi penurunan berat badan, tetapi penelitiannya terus berlangsung. Dikutip dari laporan International Journal of Preventive Medicine, pada studi yang dilakukan pada 20 orang ditemukan hasil bahwa orang yang mengonsumsi minyak jintan hitam dan melakukan aerobik menunjukkan hasil pengurangan berat badan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang tak mengonsumsi suplemen.



Minyak jintan hitam juga terbukti sebagai salah satu obat natural yang paling efektif untuk mengurangi berat badan dan mencegah obesitas.

"Tentu saja, itu bisa bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, tapi kalau Anda ingin menurunkan berat badan dan menjaga gaya hidup yang sehat, pikirkanlah untuk mengubah keseluruhan dietmu terlebih dahulu," kata Nikola Djordjevic, MD dalam Reader's Digest.

Di pasaran, minyak jintan hitam hadir dalam bentuk minyak, suplemen gel lunak, atau suplemen cair. Untuk mengonsumsinya, pastikan mulai dengan dosis sedikit dan nantinya bisa bertambah. Dengan begitu hasil yang didapatkan akan lebih baik.



Simak Video "Jalani Hidup Sehat dengan Iman ala Dokter Zaidul Akbar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)