Jumat, 02 Agu 2019 18:37 WIB

Ayah Mau Belajar 'Menyusui'? Edukasi Ayah ASI Digelar di 4 Kota Berikut

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kaum pria juga harus terlibat dalam proses menyusui (Foto: iStock) Kaum pria juga harus terlibat dalam proses menyusui (Foto: iStock)
Jakarta - Peran ayah kini sangat berpengaruh saat kegiatan ibu menyusui berlangsung. Hal ini berfungsi untuk membantu serta berpengaruh pada ASI yang dihasilkan ibu untuk si buah hati.

"Dukungan dari sosok ayah memang sangat dibutuhkan saat ibu sedang program menyusui. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ayah, di antaranya mendengarkan keluh kesah ibu, sabar, hingga membantu dalam mencari pengetahuan terkait ilmu menyusui," ujar dr Wiyarni Pambudi, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia saat ditemui di acara Temu Media Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Untuk mendukung pemberian edukasi terkait ibu menyusui, Kementerian Kesehatan RI tengah menyelenggarakan Kelas Ayah ASI. Di Agustus ini dalam mendukung momen pekan ASI, akan dilaksanakan di 4 kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Medan.

Pada kelas ini, si ayah berkesempatan untuk sharing pengalaman hingga belajar tentang apa saja yang harus dilakukan saat ibu menyusui. Berbagai simulasi juga dilakukan untuk lebih memperjelas materi yang disampaikan.



Pada kesempatan yang sama, dr Kirana Pritasari, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, kelas ayah ASI digalakkan untuk membuka pikiran ayah untuk lebih empati kepada ibu menyusui.

"Tidak hanya untuk membantu ibu saat menyusui, para ayah diarahkan untuk lebih berempati dan siap sedia untuk membantu mengurus sang buah hati. Karena dukungan ayah sangat berpengaruh untuk keberlangsungan program ibu saat menyusui," jelasnya.

Selain itu, para ayah tidak hanya mendengarkan penjelasan saja, namun disini juga memberikan solusi terhadap permasalahan yang terkait dengan menyusui.



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed