Kamis, 08 Agu 2019 08:51 WIB

Praktisi Homeopati Tjok Gde Totalitas Terapkan Pola Makan Sehat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Tjokorda Gde Mahatma Putra Kerthyasa (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Tjokorda Gde Mahatma Putra Kerthyasa (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Jakarta - Tjokorda Gde Mahatma Putra Kerthyasa yang merupakan kakak ipar Happy Salma adalah seorang praktisi kesehatan holistic dan homeopath yang cukup idealis soal pola hidup, terutama makanan.

Pria tampan yang akrab disapa Tjok Gde ini bahkan memiliki aturan 'sadis' soal makanan di rumahnya. Sudah jelas yang dikonsumsinya adalah makanan alami yang sehat tanpa makanan-makanan instan.

"Di rumah saya sadis, gula pasir tidak ada, mi instan tidak ada, susu nggak ada, semua hal-hal yang seperti itu (tidak ada). Dominan vegetarian," ujarnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

"Tapi kalau saya bisa dapat daging atau ayam dari sumber yang organik saya bisa konsumsi itu," lanjutnya.



Bahkan anak-anaknya pun diterapkan aturan yang sama soal makanan. Tjok Gde tidak menyediakan makanan-makanan instan di rumahnya. Bahkan nasi putih pun tidak ada, ia gantikan dengan nasi merah yang lebih rendah indeks glikemiknya dibandingkan nasi putih.

Bukan berarti pula ia tidak memperbolehkan anak-anaknya mengonsumsi makanan instan. Tjok Gde mengatakan bahwa ia memperbolehkan anak-anaknya mengonsumsi makanan non-organik walau hanya sesekali.

"Kita harus lihat psikologi anak. Kalau tidak ada umpan di depan mata, mereka nggak mikirin. Kalau saya ajak dia belanja di pasar swalayan, pasti dia minta-minta, saya kasih satu-dua, seminggu sekali atau dua kali sebulan itu tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah ketergantungan dan konsumsi secara terus-terusan," jelasnya.

Tjok Gde pun ingin sekali memiliki ladang kebun sendiri di rumahnya. Jadi makanan-makanan alami ia tanam dan petik sendiri terjamin kesehatannya.



Simak Video "Jalani Hidup Sehat dengan Iman ala Dokter Zaidul Akbar"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)