Senin, 19 Agu 2019 05:06 WIB

Kembali Fokus di Hari Senin, Nutrisi Berikut Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Kintan Nabila - detikHealth
Isi perut menentukan suasana hati (Foto: shutterstock) Isi perut menentukan suasana hati (Foto: shutterstock)
Jakarta - Bersantai di akhir pekan terkadang membuatmu lupa Senin sudah menanti dengan berbagai drama dan tantangannya. Nah, sering lupa dan linglung tandanya kamu mulai tak fokus. Sebelum mulai beraktivitas, kembalikan tingkat fokusmu dengan asupan nutrisi berikut ini. Selain bisa meningkatkan fokus, juga dapat memacu daya ingat, rentang perhatian, dan fungsi otak.

Dikutip dari WebMD, berikut adalah asupan yang baik untuk otak dan dapat meningkatkan konsentrasi.

1. Kafein

Zat-zat tertentu seperti kafein dapat menambah energi dan membantumu berkonsentrasi. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, coklat, minuman berenergi, dan beberapa obat. Efeknya dapat membuatmu terjaga, meskipun dalam jangka pendek saja. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuatmu gelisah dan tidak nyaman.

2. Gula

Gula bagus untuk kesehatan otak, tapi bukan gula seperti sukrosa yang berbentuk sirup gula, gula aren atau gula tebu. Melainkan glukosa yang diproses tubuh, dari gula dan karbohidrat yang kamu makan. Itu sebabnya segelas jus jeruk atau jus buah lainnya dapat berfungsi menambah daya ingat, kemampuan berpikir, dan kesehatan mental.

Namun, mengkonsumsinya terlalu banyak dapat membuat ingatan terganggu. Selain itu gula telah dikaitkan dengan resiko penyakit jantung dan kondisi lainnya.



3. Ikan

Ikan menupakan sumber protein yang kaya akan asam lemak dan omega-3. Lemak sehat ini dapat meningkatkan fungsi otak. Sering makan ikan dapat menurunkan resiko terkena demensia dan stroke. Selain itu dapat meningkatkan daya ingat seiring bertambahnya usia. Konsumsilah dua porsi ikan dalam seminggu, untuk kesehatan otak dan jantung.

4. Kacang dan Cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber antioksidan vitamin E yang baik. Beberapa penelitian menyebutkan manfaat kacang dapat memperlambat penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Sementara itu, cokelat hitam juga memiliki sifat antioksidan dan mengandung stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan fokus.



5. Alpukat dan Gandum Utuh

Mengkonsumsi biji-bijian dan buah-buahan seperti gandum utuh dan alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga dapat mencegah penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Dengan kata lain, makanan ini mampu menyalakan sel-sel otak dan baik untuk kesehatan jantung.

Biji-bijian utuh, seperti popcorn dan gandum, juga menyumbang serat dan vitamin E. Sementara alpukat memiliki lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh.

6. Blueberry

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat melindungi otak dari kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer atau demensia di usia tua.



Simak Video "Tips Hilangkan Stres Berkendara Saat Macet "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)