Selasa, 20 Agu 2019 08:08 WIB

Apakah Sarapan Pagi Ini Membuat Tubuhmu Menggendut?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sarapan. Foto: iStock Ilustrasi sarapan. Foto: iStock
Jakarta - Tidak jarang orang yang beranggapan 'sarapan apa saja yang penting sarapan'. Atau ada juga lebih memilih untuk tidak sarapan, padahal tidak mengonsumsi makanan sebelum beraktivitas tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tetapi tidak memerhatikan apa yang kamu asup saat sarapan juga kurang baik, karena beberapa jenis asupan makanan atau minuman di pagi hari bisa membuat menggendut dengan timbunan lemak.

Dikutip dari Reader's Digest, beberapa kebiasaan saat sarapan ini bisa membuat tubuhmu menggendut.



1. Hanya kopi

Meneguk kopi di pagi hari memang baik, namun jika mengabaikan makanan itu justru bisa membuat tubuhmu menggendut. Dalam kondisi seperti itu, kamu mengatur tubuh untuk lebih banyak makan saat siang hari.

"Tidak makan saat sarapan bisa membuat energimu rendah, itu bisa meningkatkan nafsu makan di siang hari, dan bahkan sistem metabolismemu akan melambat," kata editor sains di bodybuilding.com, Krissy Kendall, PhD.

2. Sarapan banyak gula

Karena tidak ada waktu banyak, biasanya orang memilih makanan ringan seperti kue yang kaya akan gula dan karbohidrat tinggi. Sayangnya, makanan yang mengandung gula berlebih bisa membuatmu merasa cepat lelah dan menambah berat badan.

Jika kamu makan banyak gula di pagi hari, kamu akan kehilangan manfaat protein sepanjang hari. Padahal selain penting untuk otot, protein berperan penting untuk diet karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk memecahnya, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.



3. Kurang serat

Karbohidrat memang penting untuk menambah energi, namun jika salah memilih jenis karbohidrat untuk sarapan justru bisa menambah berat badan. Makan kue atau roti yang rendah akan serat saat sarapan dapat memengaruhi sistem pencernaanmu.

"Serat memperlambat pencernaan, membuat energi tetap baik di beberapa jam setelah sarapan dan juga bisa menjaga nafsu makan," jelas Kendall.

4. Piring atau mangkukmu terlalu besar

Banyak yang berdalih agar kuat beraktivitas seharian, maka sarapannya pun harus banyak. Ini salah kaprah.

Berdasarkan survei Consumer Reports tahun 2014, orang yang menggunakan mangkuk lebih besar akan cenderung memasukkan makanan lebih banyak daripada menggunakan mangkuk yang lebih kecil. Mangkuk yang lebih besar dapat mengandung dua sampai tiga kali lebih banyak kalori daripada mangkuk yang kecil. Bayangkan jika seharian kamu tidak banyak gerak, artinya bisa membuat berat badanmu naik.

5. Cuma minum jus

Tidak ada keraguan bahwa jus buah atau sayuran baik untuk kesehatan. Namun mengonsumsi jus saja saat sarapan tidak cukup baik. Itu membuatmu akan banyak makan saat siang hari.

"Jus tidak memiliki protein yang pada akhirnya memicu rasa lapar dan kelelahan sepanjang hari," tutur Kendall.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)