Rabu, 21 Agu 2019 05:32 WIB

5 Trik 'Menipu' Lambung Biar Nggak Ngidam Bakwan Melulu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dalam sebuah video, dr Vito mengajarkan trik memanipulasi otak dan lambung biar tidak tergoda makan gorengan (Foto: detikHealth) Dalam sebuah video, dr Vito mengajarkan trik memanipulasi otak dan lambung biar tidak tergoda makan gorengan (Foto: detikHealth)
Jakarta - Bakwan menjadi kudapan kesukaan mayoritas masyarakat Indonesia. Meski mengandung lebih banyak lemak dan minyak serta dianggap memicu kolesterol, tak ada yang bisa mengalahkan nyemil gorengan di sela-sela berkegiatan.

Makan bakwan nggak salah, hanya saja sudah tak baik jika berlebihan. Ngidam makan bakwan memang tak bisa dihindari, tapi bukan berarti nggak bisa dicegah lho.

Tak perlu mengendus-endus aroma bakwan untuk menghilangkan ngidammu. Mengutip Comsopolitan, berikut sederet trik menipu lambung biar nggak ngidam bakwan melulu.



1. Pilih makanan yang bisa mengenyahkan rasa ngidammu
Rasa kenyang digambarkan sebagai perasaan yang muncul setelah makan sehingga tak ingin ngemil lagi setelahnya. Kenyang tak hanya dipengaruhi oleh jumlah makanan yang kamu makan tetapi jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan berbeda mempengaruhi rasa kenyang secara berbeda. Agar tak ngidam lagi setelah makan, dianjurkan untuk konsumsi telur, kentang, kacang-kacangan, ikan atau sup ayam dan sayuran.

2. Makan lebih banyak protein
Penelitian menunjukkan bahwa protein adalah jenis makanan yang mengandung semua unsur makronutrien, mengalahkan lemak dan karbohidrat sehingga berada di tingkat teratas pemuas rasa lapar.

Jika kamu merasa lapar tak lama setelah makan, bisa jadi makananmu mengandung sangat banyak karbohidrat daripada protein. Sumber protein yang sangat baik termasuk daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, tahu dan tempe.



3. Tidur cukup
Kuantitas dan kualitas tidur telah terbukti memainkan peran penting dalam mengatur hormon ghrelin, juga dikenal sebagai 'hormon lapar'. Ghrelin diproduksi oleh lambung dan meningkatkan nafsu makan, sehingga semakin tinggi kadar ghrelin, semakin banyak yang ingin kamu makan.

4. Konsumsi banyak serat
Serat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan memperlambat pengosongan lambung, serta meningkatkan waktu pencernan. Konsumsi serat juga membantu menekan ngidam makanan manis dan gorengan. Jadi jangan malas makan buah dan sayur!

5. Tambahkan sayuran di piring makanmu
Tak hanya serat, sayur juga dikenal sebagai makanan padat dengan kalori yang rendah. Konsumsi sayuran tak akan membuatmu gemuk. Mulai makan dengan semangkuk kecil salad atau sup sayuran menjadi cara yang baik untuk membuatmu lebih kenyang.

Jika perut kenyang lebih lama, bisa dipastikan ngidam gorengan seperti bakwan terhindarkan.



Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)