Rabu, 21 Agu 2019 09:05 WIB

Ingin Diet Makan Sehari Satu Kali, Kenali Dulu Efek Sampingnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi diet. Foto: iStock Ilustrasi diet. Foto: iStock
Jakarta - Diet merupakan cara ampuh untuk menurunkankan berat badan. Mulai dari melakukan olahraga teratur, hingga melakukan diet.

Meskipun ampuh untuk menurunkan berat badan, diet juga memiliki banyak risikonya dibandingkan manfaatnya. Salah satunya seperti cara One Meal A Day atau populer dengan singkatan OMAD.

One Meal A Day (OMAD) merupakan salah satu cara diet ekstrem. Seseorang hanya diperbolehkan makan satu hari sekali yang biasanya pada malam hari saja. Dikutip dari Times of India, berikut efek samping dari diet ini.



1. Obesitas Jangka Panjang
Menurunkan berat badan dengan cepat, sangat tidak baik untuk kesehatan. Dengan diet OMAD, berat badan akan cepat turun dengan drastis. Namun, jika sudah meninggalkan program ini, berat badan yang hilang akan kembali seperti normal.

2. Tekanan pada Pencernaan
Makan sekali dalam sehari akan memberikan efek mulas. Ini terjadi karena perut dan organ pencernaan dipaksa untuk menekan jumlah porsi makan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada jantung. Karena jantung harus bekerja keras untuk memompa darah yang ekstra ke usus yang menimbulkan tekanan darah naik.

3. Kelelahan
Makan sekali dalam sehari akan membuat tubuh anda lemah. Selain itu, anda akan gemetar karena asupan energi yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Otomatis, energi yang dihasilkan akan sedikit dan membuat badan cepat lelah dan lemas.

Dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin melakukan program diet. Karena setiap orang memiliki kapasitas tubuh yang berbeda-beda.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)