Kamis, 29 Agu 2019 06:31 WIB

5 Kombinasi Buah dan Manfaatnya Bila Dikonsumsi di Pagi Hari

Kintan Nabila - detikHealth
Ada banyak kombinasi buah yang menyehatkan (Foto: Rachman Haryanto) Ada banyak kombinasi buah yang menyehatkan (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Buah adalah jenis makanan sempurna, karena mudah dicerna oleh tubuh. Sebagai antioksidan dan sumber nutrisi, buah memiliki manfaatnya tersendiri. Mulai dari mengatasi pilek, menangkal peradangan hingga membuat kulit bersinar dan rambut berkilau. Tambahkan beberapa jenis buah ini ke dalam menu sarapanmu.

Dikutip dari Healthline, berikut 5 kombinasi buah dan manfaatnya yang bisa kamu makan di pagi hari.

1. Sebagai Anti-inflamasi : Ceri, nanas, blueberry

Ceri mengandung jumlah senyawa fenolik yang paling tinggi, fungsinya memberikan manfaat anti-inflamasi atau anti peradangan yang kuat. Gabungkan dengan blueberry yang mengandung antioksidan serta vitamin A, C, dan E. Selain itu anthocyanin merupakan antioksidan utama dalam blueberry dan ceri. Ia memberi warna biru tua dan merah yang cantik pada buah ini.

Sementara nanas, mengandung vitamin C dan enzim yang disebut bromelain. Fungsinya bisa mengurangi peradangan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merangsang pencernaan protein.

2. Menguatkan sistem imun: Jeruk Bali, kiwi, strawberry

Kondisi tubuh menurun? buah kiwi, jeruk bali dan stroberi dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar kamu tetap sehat. Kiwi kaya akan vitamin C, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Jeruk bali dan stroberi juga kaya akan vitamin C, bahkan kandungannya lebih banyak daripada jeruk biasa. Fungsinya, membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit.

3. Sumber Antioksidan: Anggur merah dan delima

Buah-buahan ini kaya akan antioksidan dan senyawa penangkal penyakit yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu juga membuat kita tetap awet muda.

Senyawa resveratrol dalam anggur merah memiliki sifat antioksidan kuat dan anti penuaan yang membantu memerangi penyakit dan tanda-tanda penuaan. Anggur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang membuat penglihatan kita kuat dan dapat meminimalkan efek berbahaya dari sinar ultraviolet.

Sementara delima mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada buah lainnya. Fungsi lainnya bisa membantu memulihkan kerusakan kulit akibat radikal bebas.



4. Fungsi Detoksifikasi: Goji berry, semangka, lemon

Detoksifikasi tidak dapat dilakukan tanpa bantuan makanan yang berfungsi menghidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh. Semangka, terdiri dari 92 persen air dan mengandung agen detoksifikasi utama yang disebut glutathione. Ini juga merupakan sumber likopen, vitamin A dan C, yang membantu proses detoksifikasi dan memerangi radikal bebas.

Begitupun lemon, buah ini bermanfaat sebagai antibakteri dan antivirus. Meminumnya dengan air hangat di pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Jangan lupakan goji berry, buah kecil ini adalah sumber antioksidan, vitamin A, B, C, dan E yang hebat. Selain itu kandungan zat besi, dan kolin dalam goji berry sangat dibutuhkan hati untuk proses detoksifikasi.

5. Manfaat kecantikan: Blackberry, pepaya, blewah

Pepaya mengandung antioksidan dan nutrisi yang membantu produksi kolagen. Buah ini juga mengandung enzim yang disebut papain yang membantu melawan kerusakan kulit.

Blackberry adalah buah-buahan rendah gula yang lezat mengandung antioksidan dan vitamin A dan C. Sementara blewah, mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Blewah bisa membuat kulit bercahaya dan rambut kuat berkilau.



Simak Video "Ayo Jangan Malas Minum Susu dan Makan Buah!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)