Kamis, 05 Sep 2019 05:34 WIB

Baru Bangun Sudah Lapar Banget? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bangun tidur dalam keadaan lapar memang tidak menyenangkan (Foto: iStock) Bangun tidur dalam keadaan lapar memang tidak menyenangkan (Foto: iStock)
Jakarta - Saat kita tidur, tubuh semestinya sedang berusaha keras membakar kalori. Namun jika kamu terbangun pagi ini dalam keadaan lapar, penyebabnya bisa beragam.

Mulai dari berlebihan makan, kurang tidur, hingga rasa lapar yang sebenarnya berarti haus. dirangkum dari Health Line, berikut adalah alasan dan juga cara mengatasi rasa lapar yang kamu rasakan saat bangun pagi ini:



1. Berlebihan makan sebelum tidur

Jika kamu berlebihan makan sebelum tidur, biasanya akan menyebabkan kamu kelaparan di pagi harinya. Mengonsumsi makanan apalagi yang tinggi akan tepung dan gula sebelum tidur bisa menyebabkan gula darah melonjak.

Pankreas akan melepaskan hormon insulin yang meminta sel-sel tubuh menyerap gula darah, sehingga kadar gula darah kembali turun dan menyebabkan labar. Para ahli menyarankan untuk hanya mengonsumsi cemilan di bawah 200 kalori sebelum tidur, misalnya yang tinggi protein.

Selain itu jangan makan besar sebelum tidur. Atur makan malam setidaknya satu-dua jam sebelum jam tidurmu.

2. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa mempengaruhi kendali gula darah menjadi buruk. Meski tidak setiap hari, namun sesekali kurang tidur saja bisa berdampak.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan kadar ghrelin yang meningkat, yakni hormon yang bertanggung jawab memproduksi rasa lapar. Setidaknya cukupkan waktu tidur enam hingga delapan jam tiap malamnya agar tak lagi terbangun dengan rasa lapar.



3. Premenstrual syndrome (PMS)

PMS atau sindrom pramenstruasi merupakan kondisi yang dapat berdampak pada kesehatan fisik dan perilaku pada wanita. Biasanya para wanita menjadi lebih mudah lapar dan ingin makan yang manis-manis.

Biasanya rasa lapar ini semakin sering terasa dengan semakin dekatnya waktu menstruasi. Bukan cara mengatasi, namun kamu perlu menahan diri agar tidak langsung mengonsumsi makanan, kamu bisa menggantinya dengan meminum air putih.

4. Obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang bisa meningkatkan nafsu makan yang bisa membuatmu terbangun dengan rasa lapar. Seperti beberapa antidepresan, antihistamin, steroid, obat diabetes dan obat antikejang.

5. Haus

Terkadang rasa haus kerap disalahpahami sebagai rasa lapar. Dehidrasi membuatmu lesu, sehingga kamu berpikir bahwa kamu lapar dan butuh makan.

Jika kamu terbangun dengan rasa lapar pagi ini, coba ganti dengan meminum segelas air putih dan tunggu beberapa menit hingga rasa laparnya hilang. Dan pastikan kamu tetap terhidrasi seharian.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)