Kamis, 05 Sep 2019 06:32 WIB

Baru Bangun Sudah Lapar Banget? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Langsung lapar saat bangun tidur (Foto: thinkstock) Langsung lapar saat bangun tidur (Foto: thinkstock)
Jakarta - Rasa lapar merupakan kondisi yang alamiah muncul dan kadang tak tertahankan. Tubuh pada umumnya tahu kapan harus makan dan kapan harus tidur, namun bagi beberapa orang rasa lapar bisa terasa tepat saat bangun tidur.

Bisa jadi disebabkan ada sesuatu yang dibutuhkan tubuhmu namun tak terpenuhi. Dirangkum dari Health Line, ini adalah beberapa alasan kamu bisa terbangun dengan rasa lapar pagi ini dan cara mengatasinya:



1. Stres

Stres memang terkenal menjadi pelaku meningkatnya nafsu makan. Ketika kadar stres naik, tubuh melepaskan hormon tertentu, seperti kortisol. Stres juga memicu respons lawan atau kabur, yang menyebabkan gula terlepaskan ke dalam aliran darah untuk energi kilat.

Untuk mencegahnya, bisa melakukan yoga, meditasi, dan latihan pernapasan agar menurunkan kadar stres dan naiknya gula darah usai makan.

2. Olahraga berlebihan

Olahraga membantu mengontrol gula darah. Kadar gula darah menurun saat otot menyerap gula dari darah. Tapi jika kamu berolahraga terlalu keras di malam hari, bisa jadi kadar gula darahmu terlalu menurun dan tidak bisa menjaga tubuh terasa kenyang saat tidur.

Pastikan kamu makan dengan cukup di malam harinya atau konsumsi cemilan tinggi protein usai berolahraga. Jika kamu terbiasa olahraga malam dan tidur agak larut, pertimbangkan menggeser waktu makan malam agak lebih dekat dengan waktu tidur. Juga minum lebih banyak usai olahraga untuk mencegah dehidrasi.

3. Hamil

Ngidam dan nafsu makan meningkat bukanlah hal yang asing bagi wanita hamil. Tentu terbangun dengan rasa lapar sudah menjadi hal yang kerap terjadi.



Pastikan untuk memakan makan malam yang sehat dan jangan tidur dalam keadaan lapar. Bisa juga rasa lapar ini adalah gejala diabetes gestational, di mana gula darah naik saat kehamilan, yang kerap terjadi pada ibu hamil.

4. Diabetes

Diabetes menyebabkan kesulitan pengaturan kadar gula darah. Dalam diabetes tipe 2, misalnya, sel-sel tubuh tidak merespon insulin dan gula yang bersirkulasi di dalam darah.

Akibatnya tubuh tidak mendapatkan energi yang seharusnya didapatkan, sehingga kamu akan terus merasa lapar. Gejala-gejala diabetes lainnya adalah haus berlebihan, kelelahan, mata buram, dan keinginan untuk terus kencing.

5. Masalah kesehatan lainnya

Ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang bisa menimbulkan rasa lapar tepat saat bangun tidur pagi ini, karena terkait dengan metabolisme tubuh. Kegemukan dan hipertiroidisme menimbulkan masalah yang serupa.

Kegemukan atau obesitas bisa membuatnya makin sulit bagi tubuh untuk menggunakan insulin dan mengendalikan kadar gula darah. Sementara naiknya nafsu makan juga jadi gejala umum hipertirodisme, yang terjadi saat kelenjar tiroid memproduksi hormon tetraiodothyronine (T4) dan triiodothyronine (T3) terlalu banyak.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)