Sabtu, 14 Sep 2019 06:15 WIB

Hindari Konsumsi 4 Kombinasi Sayur dan Buah Berikut Pagi Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mencampur-campur makanan ternyata tidak bisa sembarangan (Foto: iStock) Mencampur-campur makanan ternyata tidak bisa sembarangan (Foto: iStock)
Jakarta - Selama ini kita hanya cenderung mengenal komposisi makanan sebagai nasi, lauk, sayur, dan buah saja. Kita merasa sudah cukup sehat tanpa tahu bahwa ada beberapa kombinasi makanan yang tak bisa dicampur.

Misalnya saja, kita tak bisa mencampur sayuran dan buah. Lalu ada beberapa jenis buah yang tak bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah tertentu. Hal ini disebabkan tiap buah dan sayur memiliki kecepatan pencernaan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu sangat perlu untuk memahami kombinasinya agar tidak mengacaukan sistem pencernaan. Dirangkum dari berbagai sumber, jangan mengonsumsi kombinasi sayur dan buah ini di pagi hari:



1. Buah melon dicampur semangka

Buah melon dan semangka seharusnya dikonsumsi sendiri-sendiri dan tidak bisa digabungkan dengan buah lainnya, karena tidak dapat dicerna dengan baik jika bersamaan dengan buah lainnya. Buah melon menjadi buah yang paling cepat dicerna ketimbang buah lainnya karena kandungan airnya yang cukup tinggi.

2. Buah asam dengan yang tidak asam

Hindari mencampur buah asam seperti stroberi atau jeruk, atau buah sub-asam seperti apel dan delima dengan buah-buahan manis seperti pisang dan kismis agar tercerna lebih baik. Tapi buah asam dan sub-asam bisa dikonsumsi bersamaan. Selain itu, jangan campur buah jambu dan pisang, karena sudah banyak studi yang mengklaim bahwa kedua buah tersebut dapat menyebabkan rasa mual, acidosis dan sakit kepala.

3. Buah dicampur sayur

Fenomena salad, smoothies dan jus sehat mengharuskan kita mencampur buah dan sayur bersamaan. Padahal, kedua sumber nutrisi ini memiliki kecepatan cerna yang berbeda. Buah lebih cepat dicerna dan juga mengandung gula yang lebih banyak yang bisa mengganggu proses pencernaan dari sayur yang dicerna lebih lama. Misalnya, kamu tidak bisa mencampur jeruk dengan wortel karena bisa menyebabkan refluks asam dan heartburn.

4. Buah 'padat' dengan protein nabati

Buah padat atau yang banyak mengandung karbohidrat seperti keluarga pisang, dan sayuran padat seperti jagung, kentang, dan kacang-kacangan sebaiknya tidak dicampur dengan sayur dan buah tinggi protein seperti kismis, jambu biji, bayam dan brokoli. Hal ini disebabkan tubuh memiliki basis asam untuk mencerna protein dan basis alkalin untuk mencerna makanan padat karbohidrat.



Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)