Selasa, 17 Sep 2019 08:30 WIB

Nggak Banyak Makan Tapi Gampang Gemuk? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Beberapa orang menggemuk meski tidak banyak makan. Foto ilustrasi: Thinkstock Beberapa orang menggemuk meski tidak banyak makan. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Badan yang mendadak menggemuk tidak selalu berhubungan dengan porsi makan yang banyak. Akan tetapi bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Misalnya walaupun sedikit, mungkin saja makanan yang kamu konsumsi terlalu banyak kandungan garamnya. Atau justru kamu kurang mengonsumsi protein dan terlalu ketat menghindari gula.

Dirangkum dari YourTango, berikut adalah alasan-alasan mengapa tiba-tiba tubuhmu menggemuk meski tak makan banyak:

1. Kebanyakan garam

Mungkin kamu tak sadar bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung banyak garam sehari-harinya. Garam memang memberikan rasa enak dan penting untuk menjaga otak kita tetap berfungsi, namun garam juga bisa menyebabkan tubuh menahan air di pencernaan. Hal ini tak hanya mengganggu pencernaan, namun juga bisa membuat kita kembung dan tubuh terasa lebih berat karena beban air.

2. Kurang protein

Jika pola makanmu sudah terhitung cukup baik tapi namun berat badanmu masih bertambah, bisa jadi ada salah dalam makanan yang kamu makan. Misalnya saja, makananmu tak cukup protein, karena jika tubuh tak mengkonsumsi protein yang cukup untuk menjaga otot dan sel-sel tubuh tetap sehat, tubuh akan berakhir memecah otot untuk mengakses nutrisi yang dibutuhkan. Hal ini bisa menjadi masalah, karena masa otot yang berkurang berarti metabolisme melambat, seiring waktu bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Menghindari gula

Belakangan ini, gula memang sedang disorot menjadi penyebab beberapa risiko kesehatan, salah satunya obesitas. Akan tetapi, jika kamu terlalu ketat dalam berdiet alias menghindari gula sama sekali, justru malah bisa jadi penyebab kamu naik berat badan. Tubuh memerlukan gula untuk tetap berfungsi, dan menggantinya dengan gula buatan malah bisa membuat kita sulit kenyang, sehingga tanpa sadar kamu makan lebih banyak. Boleh menghindari gula, namun bukan berarti sama sekali tidak mengonsumsinya.

4. Obat-obatan

Bukan hanya obat antidepresan yang bisa menyebabkan naiknya berat badan, namun beberapa obat lainnya juga bisa. Beberapa obat menstimulasi nafsu makan atau memperlambat metabolisme tubuh. Lainnya bisa menyebabkan retensi cairan atau rasa kantuk yang membuat kita kurang aktivitas fisik yang bisa memicu naiknya berat badan.

5. Badan pegal

Saat tubuh merasa pegal atau ada masalah otot, bisa menyebabkan naiknya berat badan. Karena jika tubuh pegal, umumnya aktivitas fisik kita akan berkurang, karena bisa menyebabkan naiknya berat badan. Apalagi jika kamu memakan porsi yang sama saat sedang aktif.

6. Kurang aktivitas

Tubuh yang kekurangan aktivitas dan juga gaya hidup sedenter membuat kita bisa naik berat badan. Selain itu, jika ditambah dehidrasi atau kekurangan cairan, maka tubuh bisa menggemuk akibat retensi cairan.

7. Usia

Usia juga mempengaruhi berat badan kita. Semakin kita menua, metabolisme tubuh akan semakin lambat. Sehingga ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi, seperti tidak bisa bebas memakan apapun karena bisa berkontribusi pada berat badan. Yang tepat bisa dilakukan adalah mencari diet yang sesuai dengan tubuhmu sekarang dan gaya hidupmu.


Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)