Kamis, 19 Sep 2019 07:01 WIB

10 Sumber Nutrisi yang Menyehatkan Jantung, Cocok untuk Sarapan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menu makan yang sehat juga akan menyehatkan jantung (Foto: Thinkstock) Menu makan yang sehat juga akan menyehatkan jantung (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Jantung yang sehat berarti menandakan tubuh yang juga sehat. Cara menjaga jantung sehat bisa dengan macam-macam cara, salah satunya melalui makanan terutama sarapan.

"Kamu bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan memakan makanan tertentu tiap hari. Ada banyak sekali macam-macam buah dan sayur yang baik untuk jantungmu," kata ahli diet kardiolog Julia Zumpano, RD, LD, dikutip dari Cleveland Clinic.

Dr Zumpano menyarankan untuk memakan makanan berikut ini dalam bentuk aslinya, alias dalam keadaan segar dan utuh. Namun jika kamu ingin mengolahnya, pastikan hindari proses menggoreng atau terlalu banyak minyak.

Berikut adalah 10 makanan yang sangat baik untuk jantungmu yang bisa kamu jadikan sarapan pagi ini:



1. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, tuna, dan makarel

2. Kacang-kacangan seperti almond atau walnut yang tak hanya menyehatkan jantung namun juga membantumu cepat kenyang

3. Buah beri seperti stroberi, blackberry dan bluberi mengandung banyak fitonutrien yang menyehatkan jantung dan serat yang mudah larut.

4. Biji-bijian seperti chia seeds yang mengandung omega-3, serat, dan protein sangat baik bagi jantung

5. Oatmeal merupakan pilihan sarapan terbaik yang bisa kamu padukan dengan apa saja, dan memiliki nutrisi yang banyak yang membantu menyerap kolesterol.

6. Kedelai seperti edamame atau produknya seperti tahu bisa menjadi pilihan sarapan yang tepat dan bernutrisi untuk jantung

7. Sayuran berwarna merah, kuning dan oranye seperti wortel, umbi manis, paprika merah, dan tomat mengandung karotenoid yang tinggi, serat dan vitamin yang menguatkan jantung

8. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale merupakan pilihan sarapan yang tepat karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk jantung seperti vitamin C dan E, potasium, folat, kalsium dan serat.

9. Buah-buahan seperti jeruk, buah melon, dan pepaya kaya akan beta-karoten, potasium, magnesium, dan serat

10. Dark chocolate sangat baik bagi kesehatan jantung, semakin tinggi persentasi kakao di dalamnya semakin baik, karena serat dan protein juga semakin tinggi

Diet yang sehat akan lebih baik jika disertai dengan olahraga rutin, seperti bersepeda. Mari berpartisipasi di Jakarta Heart Bike 2019 dengan mendaftar di link berikut ini.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)