Sabtu, 21 Sep 2019 22:00 WIB

Supaya Reverse Diet Sukses, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Michelle Natasya - detikHealth
Perhatikan asupan karbohidrat saat menjalani reverse diet. (Foto: iStock) Perhatikan asupan karbohidrat saat menjalani reverse diet. (Foto: iStock)
Jakarta - Reverse diet umumnya populer di kalangan atlet dan binaragawan yang ingin meningkatkan tingkat energi sambil mempertahankan penurunan berat badan dan komposisi tubuh mereka. Strategi diet ini dinilai efektif untuk menurunkan berat badan.

"Reverse diet adalah strategi diet di mana asupan kalori dinaikkan secara terkontrol dan bertahap dengan tujuan untuk meningkatkan metabolisme sekaligus meminimalisir kenaikan lemak di dalam tubuh," jelas Mochammad Rizal, Certified Sport Nutrition Advisor dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) pada detikcom, Sabtu (21/9/2019).


Dengan reverse diet seseorang bisa makan lebih banyak tanpa takut berat badan naik. Namun, menurut Rizal, ada baiknya fokus pada konsumsi makanan sumber karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks saat melakukan reverse diet. Hal ini karena beberapa alasan sebagai berikut :

1. Karbohidrat lebih sulit disimpan menjadi lemak daripada makanan sumber lemak.
2. Karbohidrat relatif mudah dicerna dibandingkan protein.
3. Karbohidrat dapat membantu meningkatkan hormon leptin yang menurun selama melakukan diet.

Contoh makanan yang dapat dikonsumsi selama reverse diet yaitu nasi, roti, mie, oat, ubi, kentang, dan jagung. Meskipun dengan reverse diet, tetap pastikan makanan yang dikonsumsi sehat ya.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)