Senin, 23 Sep 2019 06:33 WIB

5 Tips Unik Menurunkan Berat Badan, Salah Satunya Menutup Hidung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ada banyak cara untuk cepat langsing (Foto: istock) Ada banyak cara untuk cepat langsing (Foto: istock)
Jakarta - Menurunkan berat badan pastinya menjadi hal yang sulit dilakukan untuk sebagian orang. Biasanya seseorang akan melakukan diet hingga olahraga demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Meskipun telah memulai kebiasaan baru seprti mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan olahraga teratur, hal itu ternyata tidak membuat perubahan yang signifikan.

Dari berbagai cara menurunkan berat badan, 5 cara unik ini bisa menjadi pilihan alternatifnya.



1. Minyak zaitun

Dari buku karya Seth Roberts yang berjudul The Shangri-La diet, dikatakan bahwa dengan meminum 1-2 sendok makan minyak zaitun extra virgin, dapat menurunkan berat badan. Hal ini dapat dilakukan selama 2 kali sehari di antara waktu makan.

2. Makan manisan saat memasak makanan

Para ahli merekomendasikan untuk memakan permen yang memiliki rasa yang kuat saat memasak, misalnya mint, kayu manis, atau sesuatu yang asam. Dengan melakukan ini, akan membuat lidah dan mulut sibuk, sehingga mencegah orang tersebut tidak akan makan saat memasak.

3. Makan kue untuk sarapan

Mungkin makan kue saat sarapan terdengar menjadi ide yang buruk. Tetapi menurut penelitian di Israel, seseorang yang sarapan dengan mengkonsumsi kue yang manis ini mampu mempertahankan rasa kenyang dan menjaga berat badan lebih lama. Namun, porsinya tentu harus diingat agar tidak terlalu berlebihan.



4. Mengonsumsi makanan yang pedas

Menambahkan berbagai bumbu ke dalam makanan akan membantu seseorang mengontrol porsi makannya, yang akan membantu penurunan berat badan.

Sebuah penelitian mengatakan, sebagian orang akan makan lebih sedikit saat makanan mereka terasa pedas. Selain itu, rempah-rempah tradisional seperti kunyit, kayu manis, dan jintan kaya akan antioksidan serta bagus untuk kesehatan.

5. Menutup hidung

Mungkin cara ini terdengar agak ekstrem. Namun, menutup hidung saat makan bisa membantu seseorang cukup kenyang. Meskipun makan dengan makanan yang disukai, akan terasa tidak enak di mulut dan membuat orang tersebut berhenti makan.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)