Selasa, 15 Okt 2019 06:30 WIB

Apa Benar Minum Air dengan Lemon Bisa Menguruskan Badan?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Air lemon disebut bisa membantu menurunkan berat badan (Foto: iStock) Air lemon disebut bisa membantu menurunkan berat badan (Foto: iStock)
Jakarta - Sudah sering kita dengarkan anjuran untuk segera meminum segelas air dengan perasan atau potongan buah lemon saat bangun tidur. Anjuran ini biasanya dilakukan mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Segelas air lemon dalam perut kosong bisa membantu membuang lemak. Namun benarkah hal ini sebenarnya?

Situs Times of India menyebutkan para ahli tidak menyetujui adanya pemikiran lemon segar yang diperas ke dalam air akan membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, jika kamu menggunakan minuman ini sebagai minuman pengganti yang banyak kalori seperi susu atau jus buah, maka bisa membantumu untuk mengurangi jumlah kalori untuk menurunkan badan.



"Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga menjadi salah satu komponen penting saat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan tubuh kita kadang mengartikan haus sebagai rasa lapar sehingga kita menjadi makan lebih banyak dari kalori yang kita butuhkan. Air lemon membantu kita tetap terhidrasi," demikian dilaporkan situs tersebut.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menemukan bahwa polifenol atau senyawa tumbuhan yang berperan seperti antioksidan dalam jus lemon dan juga kulitnya yang bisa menstimulasi hati atau liver untuk membakar lemak.

Studi tersebut dilakukan pada tikus percobaan yang telah diberi makan tinggi lemak sehingga hasilnya tidak terlalu benar-benar bisa dikaitkan dengan manusia kecuali melakukan diet ketogentik.

Tak ada minuman yang secara ajaib bisa membantu menurunkan berat badan dan menjadi langsing. Untuk mendapatkannya setidaknya ubah pola makan menjadi sehat dan tetap aktif untuk menurunkan bobot dengan cara yang seimbang dan sehat. Dan perlu diingat bahwa lemon mengandung asam yang bisa mengganggu pencernaanmu saat kosong.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)