Selasa, 15 Okt 2019 22:52 WIB

Terbangun dan Kelaparan Tengah Malam? Ini Makanan yang Tak Bikin Gemuk

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Lapar tengah malam itu normal (Foto: iStock) Lapar tengah malam itu normal (Foto: iStock)
Jakarta - Seringkali kita terbangun di tengah malam dan merasa lapar, namun berusaha mengabaikannya karena takut gemuk. Namun menurut riset yang dilakukan oleh Oregon National Primate Research Center di Oregon Health & Science University hal tersebut tidaklah benar.

Wah kok bisa? Mereka membandingkan efek kalori yang dimakan saat di siang dan malam hari. Kesimpulan yang didapatkan adalah selama kamu mengonsumsi kalori yang sama, kapanpun kamu memakannya tidak akan masalah.

Tapi tentu, pilihan makanmu yang akan berpengaruh. Karena salah satu alasan mengapa orang yang makan tengah malam akan menjadi gemuk karena mereka bisa berlebihan makan. Jika kamu adalah orang yang tidur lebih awal dan memakan makan malam pada jam 7 malam, maka jangan makan apapun setelahnya.

Namun biasanya mereka yang begadang akan berlanjut ngemil setelah makan malam. Cemilan tambahan itulah yang akan membuat kita gemuk. Jika kamu terbangun di tengah malam dan ingin ngemil, kamu bisa memilih sayuran rebus atau buah, yogurt rendah-lemak atau bahkan semangkuk sereal dengan susu.



Hindari cemilan penuh gula, karena tentu mereka akan membuatmu gemuk dan juga berpengaruh pada kadar gula darah yang akan mengganggu tidurmu. Lalu jika kamu ingin mencoba kembali tidur, jangan makan makanan besar.

"Makanan tinggi lemak dan pedas dapat menyebabkan tidak lancarnya pencernaan atau membuatmu merasa terlalu kenyang malah membautmu sulit tidur. Makanan pedas juga bisa membuatmu melek, meningkatkan energi sehingga tidak membuatmu ngantuk," demikian dilapporkan situs Live Strong.

Agar bisa kembali tidur nyenyak, pilihlah makanan yang baik untuk perutmu. Misalnya sebuah apel, bukannya sandwich atau minuman cokelat. Beberapa kacang misalnya juga tak baik dikonsumsi saat malam hari karena bisa memicu kram, gas dan masalah pada gastrointestinal.

Pilihlah makanan yang mengandung tryptophan, asam amino yang memicu relaksasi dan rasa kantuk. Misalnya produk susu, pisang, kentang, dan almonds. Pastikan jika bisa pilih makanan dalam bentuk cair ketimbang yang padat agar tidak membebani perut, rendah kalori, dan tak mengganggu tidurmu, seperti teh herbal atau susu hangat.



Simak Video "Perutmu Keroncongan? Cuma Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)