Jumat, 18 Okt 2019 09:01 WIB

Deretan Biji-bijian yang Bisa Menyehatkan Tubuh, Cocok untuk Sarapan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Biji-bijian banyak mengandung nutrisi penting (Foto: iStock) Biji-bijian banyak mengandung nutrisi penting (Foto: iStock)
Jakarta - Meski berukuran kecil, beberapa biji-bijian memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan sedang digandrungi sebagai superfood, biji-bijian banyak dicari sebagai salah satu alternatif sarapan.

Biji-bijian bisa digabungkan dengan minuman apapun dan makanan apapun, sehingga memudahkanmu untuk menyehatkan badan. Selain itu, biji-bijian juga bisa membantumu menurunkan berat badan sekaligus memberikanmu energi seharian.

Akan tetapi, tak semua biji itu sehat. Ada beberapa biji yang justru bisa membahayakan tubuh dan sebaiknya dihindari misalnya biji tomat yang bisa menyebabkan penyakit ginjal. Berikut adalah 4 biji yang sehat bisa kamu konsumsi, seperti dikutip dari Times of India:



1. Biji Chia

Menjadi salah satu primadona superfood, biji chia terkenal akan kandungan serat dan lemak omega-3 yang sangat baik bagi pencernaan dan juga mereka yang sedang program penurunan badan. Biji chia juga bisa menurunkan kadar gula darah sekaligus rasa lapar. Kamu bisa mencampurkan biji chia dalam minuman, salad, atau oatmeal sebagai sarapan di pagi hari. Atau bisa saja rendam semalaman dalam susu atau air agar melancarkan pencernaan.

2. Wijen

Biji wijen cukup populer di negara-negara Asia, salah satunya Indonesia. Wijen memiliki kandungan lignan yang bisa menurunkan hormon stres dan juga disebut bisa memperbaiki kualitas hormon seks dalam tubuh. Wijen tak susah didapatkan, dan juga bermanfaat mengurangi inflamasi. Biji wijen lebih enak untuk dinikmati dalam bentuk makanan, dan beberapa studi menyebut bahwa wijen juga menjadi sumber lemak yang baik dan membantu mengurangi kolesterol jahat.

3. Biji bunga matahari atau kuaci

Biji bunga matahari atau kuaci memiliki kandungan protein yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Namun ingat, mengonsumsi kuaci yang sehat bukan yang sudah diberi bumbu. Kuaci mengandung asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh yang sangat tinggi dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meski begitu, kendalikan konsumsi kuaci karena bisa mengurangi baik kolesterol baik dan jahat.

4. Biji labu

Sama seperti biji chia, biji labu juga kini digemari sebagai salah superfood dan sudah mulai mudah didapatkan. Seringkali dibuang, biji labu sesunggugnya mengandung lemak omega-6 dan fosfor yang baik bagi tulang, saraf, dan jantung. Mereka juga menjadi sumber terbaik dari fitosterol, senyawa tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.



Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)