Selasa, 29 Okt 2019 14:29 WIB

Rasa Lapar Gampang Teralihkan Lho, Pahami Mekanismenya Agar Cepat Kurus

Nurul Khotimah - detikHealth
Ternyata rasa lapar mudah teralihkan (Foto: Istock) Ternyata rasa lapar mudah teralihkan (Foto: Istock)
Jakarta - Membiarkan perut kosong dalam waktu lama menyebabkan rasa lapar datang. Namun ketika aktivitas sedang padat, sering kali kita mengabaikan waktu makan meski sudah terasa lapar.

Menurut penelitian, rasa lapar yang dibiarkan lebih lama dan diselingi aktivitas menyebabkan lapar hilang dengan senirinya. Untuk merangsang rasa lapar tubuh memfungsikan hormon Gherelin yang memberi tahu bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan.

Sensitivitas hormon gherelin kurang merangsang otak untuk memberi rasa lapar. Ini karena fokusnya aktivitas tubuh pada hal lain.

Dikutip dari Live Science, berdasarkan pengamatan anekdotal, kegiatan yang intens dapat mengalihkan orang dari rasa lapar mereka, kata Leah Groppo, ahli gizi klinis di Stanford Health Care di Palo Alto, California.



"Jika Anda benar-benar terganggu karena aktivitas, seringkali orang bisa kehilangan rasa lapar itu," kata Groppo.

Rasa lapar seakan berkurang karena seseoang biasanya terlalu fokus pada pekerjaan. Namun kondisi seperti ini tidak sebaiknya terus menerus dilakukan. Memberi waktu pada tubuh untuk mengisi energi tetap perlu dilakukan meski aktifitas padat. Hal ini juga untuk mencegah naiknya asam lambung yang menyebabkan mual saat perut kosong.



Simak Video "Menggemuk Saat Puasa? Mungkin Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)