Kamis, 31 Okt 2019 07:00 WIB

5 Buah Terbaik untuk Sarapan agar Bugar Terus Sepanjang Hari

Rosmha Widiyani - detikHealth
Buah kurma (Foto: Rengga Sancaya) Buah kurma (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Makan buah sebetulnya bisa dilakukan pagi, siang, malam, atau sebagai selingan. Namun sebagai menu yang mengawali hari, buah ternyata punya keistimewaan sendiri.

Buah membantu organ tubuh menyiapkan diri untuk menjalankan fungsinya, setelah beristirahat selama 8 jam. Konsumsi buah bisa cukup dipotong, menjadi smoothies, atau jus yang tinggal diminum. Dikutip dari situs New Delhi Television Limited (NDTV), ahli nutrisi Dr Rupali Datta merekomendasikan beberap buah yang bisa dikonsumsi sebelum beraktivitas.



Dr Datta mengingatkan, buah sebagai menu pagi hari sebaiknya dikonsumsi dua jam setelah bangun tidur. Berikut 5 jenis buah yang bisa dikomsumsi sebelum beraktivitas.

1. Kurma

Kurma adalah sumber energi sangat baik yang tersedia dalam waktu cepat (instant energy). Kecukupan energi dalam kurma sesuai kebutuhan tubuh untuk memulai aktivitas setiap hari. Selain mengandung cukup energi, kurma juga memiliki serat yang lembut sehingga mudah dan baik untuk pencernaan. Kandungan lain dalam kurma adalah potasium yang bisa menangani diare dan gangguan percernaan.

2. Semangka

Buah semangka yang kaya air sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong, dengan waktu makan paling baik adalah pagi hari. Semangka yang rendah kalori dan mengandung banyak elektrolit, memberi kecukupan nutrisi bagi tubuh. Buah ini juga punya tekstur ringan dan mengembalikan cairan, sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca terasa panas dan kering.



3. Pepaya

Sama seperti semangka, pepaya juga baik dikonsumsi pada pagi hari saat perut kosong. Pepaya membersihkan dan menjaga gerakan pada saluran pencernaan. Kandungan dalam pepaya juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kolesterol jahat sudah diketahui menjadi faktor risiko gangguan jantung dan pembuluh darah.

4. Apel

Sebutir apel mengandung sekitar 13 gram gula alami yang membantu tubuh tetap terjaga di pagi hari. Kandungan gula menjaga tubuh tidak ngantuk, sehingga lebih mudah berkonsentrasi di pagi hari. Hasilnya, berlajar dan bekerja terasa lebih mudah dengan konsumsi sebutir apel di pagi hari.

5. Jeruk bali

Jeruk bali atau grapefruit memiliki aroma yang segar dan mampu membantu tubuh segera terjaga. Menurut National Sleep Foundation, aroma jeruk secara alami memang membuat tubuh bangun secepatnya. Buah juga kaya vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh setiap hari.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)