Sabtu, 02 Nov 2019 06:30 WIB

5 Minuman Sehat yang Bisa Membantu Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menjaga hidrasi penting agar tubuh senantiasa bugar (Foto: iStock) Menjaga hidrasi penting agar tubuh senantiasa bugar (Foto: iStock)
Jakarta - Metabolisme tubuh merupakan hal penting bagi kesehatan. Metabolisme dimulai sejak pagi hari saat kita bangun tidur, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi baik makanan dan minuman yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Dikutip dari WebMD, ada beberapa minuman alami yang bisa kamu minum di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Antara lain:



1. Air mineral

Air adalah elemen yang sangat penting bagi tubuh. Selain untuk menghidrasi, air juga bisa membantu mengeluarkan racun serta mengatur suhu tubuh. Tidak hanya itu, air juga dapat mempertahankan tekanan darah dan menjaga fungsi vital tubuh tetap terkendali. Rutin minum air juga dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Terkadang kita suka lupa untuk minum air secara rutin. Biasanya hal ini akan terjadi saat sedang sibuk hingga tidak sempat untuk minum air.

2. Air mineral dan cuka apel

Untuk tambahan lebih sehat lagi, campurkan sesendok cuka apel dalam segelas air mineral dan minumlah dalam perut kosong. Air dan cuka ini sangat baik untuk pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Ini merupakan minuman kaya potasium yang juga akan membantu mencegah terjadinya retensi cairan dan membersihkan tubuh dari tumpukan racun.

3. Kopi

Kopi mengandung senyawa termogenik, namun ingat untuk meminumnya tidak terlalu banyak. Para ahli menyarankan mengonsumsi segelas kopi hitam tanpa tambahan, dan pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 400ml kopi seharinya. Hal ini disebabkan kafein dalam kopi menstimulasi kadar metabolisme baik pada orang dengan berat normal dan yang obesitas.

4. Air kelapa

Salah satu cara untuk tetap terhidrasi dan meningkatkan metabolisme adalah meminum air kelapa. Air kelapa menjadi minuman superfood masa kini yang mengandung elektrolit dan mineral yang merupakan sinergi terbaik bagi tubuh manusia.

5. Smoothie buah beri

Buah beri sangat baik bagi metabolisme tubuh, apapun mulai dari stroberi, ceri, bluberi, hingga goji beri. Kaya akan antioksidan dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Campurlah dengan madu, yogurt, dan biji-bijian seperti chia. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsinya apalagi pagi hari tubuh kita sedang aktif secara metabolik.



Simak Video "Anak Doyan Minum Manis? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)