Senin, 04 Nov 2019 11:33 WIB

7 Penyakit Ini Bersembunyi di Balik Berat Badan Berlebih

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penyakit ini bersembunyi di balik kegemukan. Foto: iStock Penyakit ini bersembunyi di balik kegemukan. Foto: iStock
Jakarta - Obesitas biasanya terjadi karena pola makan seseorang yang buruk. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan membuat tubuh rentan terhadap banyak penyakit yang mengancam kesehatan.

Pemicu dari obesitas sebagian besar lantaran porsi makan dalam jumlah banyak dan tidak menyehatkan. Keadaan kronis ini dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan yang bisa membahayakan diri.

dr Ramen Goel, kepala divisi operasi bariatrik dari Nova Specialty Surgery, Tardeo Mumbai, India, mengatakan beberapa penyakit ini muncul karena obesitas seperti yang dikutip dari Times Of India.


1. Diabetes tipe 2

Berbagai studi menunjukkan, semakin tinggi berat badan seseorang maka akan berisiko juga terserang diabetes. Jika penyakit ini tidak bisa terkontrol dengan baik, dampaknya akan timbul penyakit komplikasi yang serius, seperti hipertensi, serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, hingga amputasi organ tubuh.

2. Serangan jantung

Berat badan yang berlebih sering dikaitkan dengan sejumlah faktor yang meningkat ke risiko penyakit kardiovaskular (serangan jantung). Abdominal obesity atau lemak perut juga diakitkan sebagai salah satu faktor risiko utama yang menyebabkannya.

3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa meningkat karena obesitas. Jika seseorang melakukan diet atau pengurangan berat badan, maka tekanan darah juga akan kembali normal. Tetap pertahankan berat tubuh ideal kamu ya.

4. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Sebuah riset menunjukkan, obesitas dapat meningkatkan kadar asam refluks dalam tubuh. Hal ini terjadi karena lemak di perut yang memberikan tekanan tertentu pada cincin otot di bagian bawah esofagus atau kerongkongan. Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan heartburn.

5. Osteoarthritis

Obesitas atau kelebihan berat badan ini tentu memberikan tekanan yang ekstra pada sendi di tubuh, seperti lutut. Akibatnya, osteoarthritis atau kondisi yang menyebabkan sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak terjadi. Selain itu, keadaan ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi.

6. Kanker

Salah satu penyakit mematikan ini juga bisa terjadi karena obesitas. Kondisi berat badan yang berlebih dapat menjadi faktor penting dalam pembentukan sel-sel kanker dan risiko yang akan berjalan seumur hidup. Penderita obesitas berpeluang tinggi untuk terserang kanker usus, payudara, dan kerongkongan.

7. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi dapat terjadi karena penderita obesitas meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol 'jahat' (LDL) dalam tubuh. Sementara kadar lemak 'baik' (HDL) akan lebih rendah dari orang normal.

Tingginya kadar LDL dan rendahnya HDL dalam tubuh, menjadi penyebab utama atherosclerosis yang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akhirnya akan berujung pada serangan jantung.





Simak Video "Anak Doyan Minum Manis? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)