Minggu, 10 Nov 2019 10:23 WIB

Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini 4 Tips Diet Sehat Ala Rasulullah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Habbatussauda atau jinten hitam yang kerap dikonsumsi Rasulullah SAW. Foto: shutterstock Habbatussauda atau jinten hitam yang kerap dikonsumsi Rasulullah SAW. Foto: shutterstock
Jakarta - Maulid atau peringatan hari lahir Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam diperingati oleh umat muslim setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Rasulullah dikenal sebagai pribadi yang memiliki penerapan pola hidup sehat. Tidak makan berlebihan dan rutin mengonsumsi herbal untuk menjaga kesehatan tubuh menjadi salah satu tips sehat ala Rasulullah.

Pola hidup sehat ala Rasulullah pun terbilang mudah dan bisa digunakan sebagai tips diet seperti yang dipopulerkan oleh dr Zaidul Akbar, pelopor Jurus Sehat Rasulullah.



1. Kendalikan nafsu makan

Rasulullah tak suka orang yang berlebih-lebihan dalam makan. Karena yang harus dilakukan adalah berusaha menghindari makanan dan menyingkirkan semua asupan gula, garam, dan lemak berlebih dalam makanan sehari-hari.

"Kita makan tiap hari untuk nafsu dan keinginan bukan kebutuhan. Inilah yang bikin orang sekarang banyak yang gemuk atau sakit karena makanan. Karena itu, langkah pertama adalah mampu mengendalikan nafsu makan," ujar dr Zaidul.

2. Rutin puasa sunnah

Mengendalikan nafsu makan bisa dengan berpuasa Sunnah. Biasanya, Rasulullah rutin berpuasa Senin-Kamis yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Puasa juga membatasi asupan yang memungkinkan hati menjadi lebih bersih, sehingga bisa menerima hal-hal positif dari lingkingan sekitar. Dengan puasa, makan asupan yang bernutrisi, dan melakukan kegiatan positif maka tubuh lebih sehat serta bisa beribadah dengan baik.

3. Makan sayur dan buah

Usahakan selalu makan sayur dan buah saat setiap hari. Selain lebih sehat, kandungan gula pada sayur dan buah tak setinggi sumber energi lain seperti nasi.

"Sekarang saya sudah jarang makan nasi yang diganti sayur dan buah. Dalam sayur dan buah ada karbohidrat juga, sama seperti dalam nasi," tutur dr Zaidul.

4. Konsumsi habbatussauda

Konsumsi habbatussauda atau jintan hitam dipercaya bisa berdampak baik pada kesehatan tubuh. Tumbuhan ini bahkan disebut obat dari segala jenis penyakit karena punya banyak manfaat.

"Pregnenolone mampu mengatur kembali keseimbangan hormon yang mempengaruhi fungsi seluruh organ. Hormon yang seimbang juga mempengaruhi daya tahan tubuh menghadapi segala jenis infeksi," kata dr Zaidul.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)