Selasa, 12 Nov 2019 20:00 WIB

Berhenti Makan Setelah Jam 6 Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pakar berkata makan sebelum jam 6 sore bisa menyehatkan jantung. Foto: iStock Pakar berkata makan sebelum jam 6 sore bisa menyehatkan jantung. Foto: iStock
Jakarta - Para ahli menyarankan untuk berhenti makan sebelum jam 6 sore. Hal ini diteliti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Makan pada waktu tersebut juga dikaitkan dengan kondisi tekanan darah, berat tubuh, dan gula darah.

"Selain memperhatikan apa yang kita makan dan jumlahnya, waktunya juga harus diperhatikan. Mengubah waktu makan akan mencegah penyakit-penyakit itu datang, sekaligus memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat," jelas dr Nour Makarem yang dikutip dari The Sun.

Hal ini dibuktikan oleh dr Makarem dan timnya dengan meneliti sekitar 12.700 orang yang usianya 18-76 tahun. Para peneliti melihat kebiasaan makan mereka setiap harinya. Di saat yang sama, tekanan dan gula darahnya juga ikut dipantau.


Hasil yang didapatkan, separuh peserta penelitian mengalami kenaikan kalori sebesar 30 persen per harinya. Ini disebabkan karena makan di atas jam 6 sore. Selain itu, kadar gula darah, insulin, dan tekanan darah mereka juga lebih tinggi dibandingkan yang sebagian lainnya. Keadaan ini dapat memicu munculnya penyakit jantung.

Di penelitian sebelumnya, komposisi makanan juga tak luput dari perhatian. Studi yang dilakukan di Tufts University, di Massachusetts, Amerika Serikat ini membuktikan buah dan sayur juga harus terpenuhi dengan baik.

Para peneliti menyebutkan, asupan buah yang rendah dapat menyebabkan hampir 1,8 juta kematian karena kardiovaskular pada tahun 2010. Sementara itu, konsumsi sayur yang rendah dapat menyebabkan kurangnya serat yang bertugas untuk menangkal serangan jantung dan stroke. Keadaan ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol serta gula darah dalam tubuh.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)