Kamis, 21 Nov 2019 06:30 WIB

Makan Cokelat Saat Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Siapa tak suka cokelat? (Foto: iStock) Siapa tak suka cokelat? (Foto: iStock)
Jakarta - Bagi sebagian besar orang, cokelat adalah surga. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan makan cokelat bisa mengurangi stres, membuat hati bahagia, bahkan menormalkan tekanan darah.

Meski demikian, banyak yang akhirnya menghindari makan cokelat karena takut gendut. Padahal tahukah kamu bahwa makan cokelat mampu membantu menurunkan berat badan?

Studi dari Irish Independent yang dikutip dari Boldsky menunjukkan makan makanan manis seperti kue cokelat, biskuit, atau camilan lainnya bisa membaru membakar kelebihan berat badan. Pagi hari dianggap waktu terbaik konsumsi junk food karena saat itulah metabolisme tubuh mencapai puncaknya dan bisa membakar kalori lebih banyak dibandingkan waktu lainnya.



Peneliti juga mengungkap makan kue cokelat sebagai bagian dari sarapan, setelah makan karbohidrat dan protein tentunya, dapat menekan ngidam makanan manis di sisa hari yang biasanya merupakan salah satu alasan utama untuk menambah berat badan.

Banyak dari mengidam makanan manis yang akhirnya akan makan permen atau camilan manis di siang atau malam hari yang mengarah ke penumpukan kalori ekstra dalam tubuh sehingga peluang membakar kalori ekstra itu semakin berkurang seiring berjalannya hari, karena tingkat metabolisme cenderung turun pada bagian akhir hari itu.

Manfaat lain dari memiliki kue cokelat untuk sarapan adalah bahwa ia dapat membantu mengatur hormon yang disebut 'ghrelin', yang bertanggung jawab untuk merangsang nafsu makan. Ini membantu dengan menekan rasa lapar di waktu makan lainnya.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)