Senin, 25 Nov 2019 06:00 WIB

Minum Air Tajin Ternyata Bisa Bantu Enyahkan Perut Buncit!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Untuk mendapatkan perut sixpacks, olahraga saja tidak cukup (Foto: iStock) Untuk mendapatkan perut sixpacks, olahraga saja tidak cukup (Foto: iStock)
Jakarta - Nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Belum nikmat rasanya kalau tidak makan nasi seharian meski sebelumnya sudah konsumsi makanan berat lainnya.

Meski demikian, dalam hal penurunan berat badan, nasi cenderung dihindari karena kandungan kalorinya yang dianggap tinggi. Tapi tahukah Anda jika air rebusan beras bisa membantu menurunkan berat badan?

Mengutip Pink Villa, air beras atau air tajin punya manfaat kesehatan karena dinilai bergizi dan juga di beberapa negara dikenal sebagai tonik karena memberikan energi yang sangat dibutuhkan. Selain itu, air tajin dipercaya mampu menurunkan berat badan.

Cara untuk bisa mendapatkan manfaatnya adalah pertama-tama tambahkan 3-4 gelas air saat merebus nasi dan tunggu hingga mendidih. Ingat, jangan biarkan semua air meresap ke dalam beras.



Saat nasi hampir matang, tiriskan dan ambil air yang masih tersisa untuk diminum. Kalau dirasa hambar, Anda bisa menambahkan garam dan lada sesuai selera. Minumlah selagi hangat satu atau jam sebelum dan setelah makan siang.

Minum air tajin sebelum makan akan memberi rasa kenyang sehingga tidak perlu makan banyak. Sebagai contoh, air rebusan beras punya kalori sekitar 150. Biasanya porsi makan siang berkisar 650-1000 kalori. Dengan minum air tajin, kita tidak akan makan terlalu banyak karena sudah kenyang.

Selain membantu menurunkan berat badan, air tajin juga memiliki manfaat kesehatan seperti mencegah sembelit, dehidrasi, obat untuk infeksi virus, dan dapat membantu mengatasi diare.



Minum Air Tajin Ternyata Bisa Bantu Enyahkan Perut Buncit!


Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)