Selasa, 26 Nov 2019 07:00 WIB

Makan Seafood Sisa Semalam Membuat Pria Ini Nyaris Meninggal Dunia

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Gara-gara makanan sisa, seorang pria nyaris tewas (Foto: iStock) Gara-gara makanan sisa, seorang pria nyaris tewas (Foto: iStock)
Jakarta - Menyimpan sisa makanan semalam lalu menghangatkannya dan memakannya esok hari merupakan kebiasaan yang lumrah kita lakukan. Namun jika kita tak menyimpannya dengan benar, maka kamu akan berisiko terkena keracunan makanan, gastroenteritis atau lebih buruk lagi seperti yang dialami pria 72 tahun asal Shanghai ini.

Menurut situs HK On CC, pria ini memakan kembali seafood yang ia simpan semalam. Usai mengonsumsinya, ia tiba-tiba mengalami diare, demam, sakit kepala, dan pusing. Ia segera dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis sepsis atau infeksi darah, di mana darahnya telah terinfeksi dengan bakteri gram-negatif.



"Kondisi ini cukup membahayakan, karena sepsis bisa menyebabkan gagal organ atau bahkan kematian," tulis situs tersebut.

Diduga ia tak menyimpan seafoodnya dengan baik dan benar sehingga tak lagi segar dan memicu racun. Kemudian ia terdiagnosis acute gastroenteritis namun gejalanya tak kunjung hilang, ia kembali dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi kritis.

Para dokter mengatakan sepsis terjadi karena ia mengonsumsi seafood busuk yang mungkin memiliki bakteri di dalam makanan yang masuk ke tubuhnya saat ia memakannya. Diduga juga ada luka di dalam mulutnya sehingga mempermudah bakteri itu masuk.

Kini ia sedang dalam pemulihan dan mengimbau pada yang lain untuk berhati-hati menyimpan makanan sisa semalam. Pastikan sudah tertutup dan dalam lingkungan yang bersih dan sehat.



Simak Video "Pernah Keracunan, Mikha Tambayong Kini Jalani Hidup Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)