Selasa, 26 Nov 2019 20:01 WIB

Cari Cemilan Sehat Nggak Bikin Gemuk, Kuaci Bisa Jadi Solusinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Biji bunga matahari alias kuaci. Foto: Istimewa Biji bunga matahari alias kuaci. Foto: Istimewa
Jakarta - Di saat waktu senggang, kebanyakan orang akan mencari camilan untuk menemaninya, terutama junk food. Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsinya, berbagai penyakit akan menghantui seperti jantung hingga kolesterol.

Tidak hanya itu, junk food juga dapat mengganggu penampilan. Lemak yang terbentuk akan menumpuk pada pinggang. Sebagai penggantinya, biji bunga matahari atau lebih dikenal dengan kuaci bisa jadi pilihan. Ibarat kecil-kecil cabe rawit, kuaci ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Times of India, 5 manfaat ini bisa didapatkan dengan ngemil kuaci.



1. Sebagai pengelola produksi energi

Saat melakukan olahraga, tubuh memerlukan asupan tepat yang dapat menggantikan nutrisi, elektrolit yang hilang, memberikan energi, serta membantu dalam proses pemulihan. Kuaci bisa menjadi pilihannya karena mengandung ekstrak yang disebut Thiamin (vitamin B1) yang berperan penting.

Zat tersebut berperan dalam mengelola produksi energi dalam tubuh, pembentukkan otot, transmisi darah, dan mengembalikan keseimbangan vital dalam tubuh setelah berolahraga. Cukup konsumsi segenggam biji-bijian ini untuk memulihkan tenaga kamu.

2. Mengatur fungsi hormonal

Kuaci atau biji bunga matahari ini juga kaya akan 100 jenis enzim yang dapat mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh, khususnya pada wanita. Enzim tersebut dapat menyeimbangkan produksi estrogen dan progesteron.

Selain itu, terbukti membantu dalam mengelola gejala sindrom pramenstruasi, tiroid, dan juga mengurangi mual di pagi hari yang sering terjadi selama trimester pertama kehamilan. Di dalam kuaci juga terdapat vitamin B6 yang dapat membantu mensintesis protein, metabolisme, dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

3. Mengatur lemak tubuh

Di dalam kuaci kaya akan kandungan magnesiumnya. Ini tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga mendetosifikasi racun di tubuh dengan bekerja dari tingkat sel.

Selain itu, kandungan ini berfungsi untuk membasmi kuman jahat, berjuang melawan lemak ekstra yang dapat menumpuk saat metabolisme tidak berjalan dengan baik. Kuaci ini juga mengurangi risiko berkembangnya risiko kardiovaskular dalam jangka panjang.

4. Memberi rasa kenyang

Camilan dari biji bunga matahari ini ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh lho. Tapi, kuaci ini tetap tinggi akan kalori baik yang bertugas untuk mengurangi rasa lapar. Dengan mengkonsumsi ini, bisa buat tubuh merasa kenyang tanpa harus banyak makan.

5. Baik untuk pencernaan

Makanan yang berukuran kecil ini juga punya fakta yang cukup mencengangkan. Faktanya, kuaci ini dapat mengatasi gejala yang berkaitan dengan sembelit atau sindrom iritasi usus besar (IBS).

Enzim yang ada di dalam kuaci mengatur sekresi cairan pencernaan dan menghilangkan racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Hal itu bisa memastikan bahwa perut dan usus tetap berfungsi dengan baik setiap saat.



Simak Video "Liana Tasno Bagikan Tips Ampuh Mengurangi Ngemil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)