Sabtu, 30 Nov 2019 17:01 WIB

Benarkah Nasi Merah Hanya untuk Diet? Ini Kata Dokter

Nurul Khotimah - detikHealth
Tak hanya untuk orang diet, nasi merah bebas dimakan siapa saja sesuai selera. Foto: detikfood Tak hanya untuk orang diet, nasi merah bebas dimakan siapa saja sesuai selera. Foto: detikfood
Jakarta - Tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Banyak orang yang berupaya keras mendapatkan tubuh ideal. Alasan diet biasanya untuk menjaga kesehatan hingga menjaga bentuk tubuh ideal. Salah satu cara yang sering dilakukan ialah diet.

Beberapa orang berasumsi bahwa ketika diet lebih baik mengganti nasi putih dengan nasi merah. Banyaknya serat yang terkandung dalam nasi merah dinilai cocok untuk program diet.

Menurut Prof Dr dr Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Depok, ketika seseorang yang gemar makan diberikan nasi merah, berat badannya tidak akan mudah naik. Karena terdapat banyak kandungan serat yang dapat menghambat penyerapan glukosa.

"Yang kedua memang dia (nasi merah) glukosa indeksnya rendah," tambahnya kepada detikcom, saat ditemui di Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (30/11/2019)

Selain cocok untuk diet, kadar glukosa yang rendah juga baik dikonsumsi oleh penyandang diabetes. Penyandang diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi dapat membatasi konsumsi gulanya dengan nasi merah ini.

Tak hanya untuk orang diet, nasi merah juga bisa saja dikonsumsi oleh semua orang. Hanya saja tergantung selera masing-masing orang.

"Siapa saja boleh (konsumsi). Masalahnya kan nggak enak aja," kata Dokter Mardi.


Simak Video "Fakta Terkait Video Viral Anak yang Jualan di Depan RS Siloam"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)