Minggu, 08 Des 2019 05:00 WIB

4 Menu Sarapan Ini Kurang Ideal, Lengkapi dengan Sumber Nutrisi Lain

Rosmha Widiyani - detikHealth
Menu sarapan juga harus punya gizi seimbang (Foto: thinkstock) Menu sarapan juga harus punya gizi seimbang (Foto: thinkstock)
Jakarta - Pagi hari biasanya menjadi momen yang paling sibuk dalam kegiatan sehari-hari. Dengan waktu yang sangat singkat, segala persiapan sudah harus selesai termasuk sarapan.

Tak heran jika sarapan kerap dilakukan dengan menu seadanya sambil terburu-buru. Meski tidak bisa selalu sarapan dengan menu bergizi lengkap dan santai, ada 4 asupan yang sebaiknya jangan dikonsumsi pada pagi hari. Berikut penjelasannya dikutip dari Times of India.



1. Sereal

Aneka sereal kerap diklaim penuh nutrisi dan menjadi menu sarapan terbaik. Faktanya, sereal justru mengandung banyak gula dan minim nutrisi. Terlalu banyak mengonsumsi gula berisiko meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

2. Roti putih

Roti putih yang dipanggang dengan kopi kerap menjadi menu sarapan favorit. Menu ini sebaiknya jangan lagi dikonsumsi atau hanya dimakan sesekali. Roti putih mengandung minim serat yang tidak baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan tubuh pada secara umum.



3. Jus buah dalam kemasan

Jus buah yang mengandung banyak nutrisi memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, berbeda jika jus mengandung banyak gula seperti minuman kemasan lain. Bukannya sehat, jus berisiko mengakibatkan obesitas, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

4. Kopi

Masyarakat pekerja, yang tiap pagi selalu tidak punya banyak waktu, kerap melewatkan sarapan dan hanya minum kopi sebagai gantinya. Kopi memang berdampak baik untuk kesehatan, namun minim manfaat jika diminum dalam perut kosong atau terasa lapar. Jika kopi harus diminum saat pagi, pastikan sudah makan terlebih dulu.



Simak Video "Ada Permainan Edukasi Gizi di CFD Jakarta, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)