Selasa, 10 Des 2019 08:01 WIB

Mau Diet Tapi Tetap Makan Nasi? Begini Tipsnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nasi putih, dihindari atau tidak saat diet? Foto: iStock
Jakarta - Biasanya saat menjalani diet, satu hal yang paling dihindari itu adalah konsumsi nasi. Jenis karbohidrat ini memang sulit lepas dari menu makanan utama orang Indonesia.

Menurut ahli kebugaran, menghindari nasi justru dianggap aneh, karena nasi putih penuh akan kalori dan pati. Hal itu juga diperlukan oleh tubuh manusia, meskipun dalam jumlah yang berbeda setiap orangnya.

Dikutip dari Times of India, berikut ini tips diet tapi tetap bisa meletakkan nasi di menu makananmu.


1. Batasi jumlah nasi yang dikonsumsi

Menurunkan berat badan sama dengan membakar kalori berlebih dari yang kita konsumsi. Tapi, meskipun harus menghilangkannya, nasi harus tetap dikonsumsi dalam sehari. Caranya, kamu bisa batasi jumlahnya sesuai dengan diet yang kamu lakukan saat ini.

2. Perbanyak olahraga

Kamu masih bisa mengkonsumsi satu porsi nasi setiap harinya. Ini karena tubuh kita masih memerlukan asupan karbohidrat agar bisa dibakar sebagai energi saat beraktivitas. Untuk mengontrol berat badan selalu stabil, kamu bisa lebih intens dalam berolahraga.

3. Konsumsi dengan banyak sayuran

Makan nasi juga ternyata membuat kita lebih cepat dalam merasakan lapar. Untuk menghindari 'porsi tambahan', kamu bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan berbagai macam sayuran.

Sayuran mengandung protein dan penuh serat, sehingga membantu kamu tetap kenyang dalam waktu yang lama. Kamu bisa menambahkan seperti kacang, brokoli, tahu, bahkan ayam agar konsumsi nasi menjadi lebih sehat.

4. Gunakan metode masak rendah kalori

Dalam memasak nasi, cukup tambahkan air. Itu membuat kandungan kalori yang ada di dalam nasi lebih sedikit. Hindari menambahkan krim atau santan ke dalam nasi, karena itu akan menambah jumlah lemak atau kalori yang ada.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)