Jumat, 13 Des 2019 18:07 WIB

4 Makanan yang Bikin Kentut Makin Bau, Walau Tak Sampai Bunuh Nyamuk

Nurul Khotimah - detikHealth
Bau kentut dipengaruhi oleh makanan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Reaksi tubuh yang sering dianggap memalukan adalah saat kentut. Aroma yang tidak sedap biasanya masalah utama kentut dianggap hal yang memalukan. Padahal kentut adalah reaksi yang normal bagi tubuh. Bau tidak sedap yang ditimbulkan bisa jadi berasal dari makanan yang dimakan sebelumya.

Berikut beberapa makanan yang juga membuat kentut Anda makin berbau tidak sedap, seperti dikutip dari Livestrong:



1. Kacang-kacangan
Salah satu fakta mengenai kacang adalah menyebabkan bau kentut semakin busuk. Kacang juga menyebabkan kentut lebih sering dan gelembung gas yang membuat perut kembung. Karena makanan bergerak melalui usus halus, kacang mulai difermentasi dan dicerna menyebabkan gas yang dikeluarkan dengan bau busuk. Kandungan serat yang tinggi pada kacang-kacangan juga berkontribusi pada bau kentut.

2. Cabai
Cabai merupakan salah satu bahan masakan yang banyak dimintai oleh orang Indonesia khususnya. Sensasi rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai kerap membuat ketagihan beberapa orang. Namun, ternyata sensasi rasa pedas pada cabai dan rempah lainnya juga dapat memnuat gas perut berbau busuk.

3. Brokoli
Pemeran utama yang sering kali dikaitkan dengan bau busuk kentut adalah brokoli. Mayo Clinic mencatat bahwa sayuran yang tinggi serat, seperti brokoli, dapat menyebabkan gas perut bau. Brokoli bisa sulit dicerna oleh tubuh, sehingga makanan lama di usus dan mulai menciptakan kelebihan gas.

4. Daging sapi
Selain sayur dan kacang-kacangan, daging sapi juga dianggap dapat menyebabkan kentut berbau busuk lho. Hal ini dikarenakan daging ini mengandung enzim yang dapat menimbulkan bau busuk. Daging sapu juga bergerak cukup lambat dalam sistem pencernaan, karena tidak mengandung serat, yang memungkinkannya tinggal di usus dalam jangka waktu yang lama, yang menyebabkan kentut berbau lebih busuk.



Simak Video "Cara Hilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Pakai Kulit Petai"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)