Minggu, 15 Des 2019 06:15 WIB

3 Alasan Tak Boleh Buru-buru Saat Sarapan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sarapan dalam kondisi tenang akan lebih menyehatkan dibanding saat buru-buru (Foto: thinkstock)
Jakarta - Dikejar banyak kegiatan, entah pekerjaan ataupun rutinitas lainnya terkadang membuat kamu melakukan segala hal dengan terburu-buru. Bahkan sarapan pun kamu akan terburu-buru juga.

Itu malah akan memaksakan makanan agar tertelan secara tergesa-gesa. Tapi, tahukah kamu kebiasaan seperti itu malah akan merugikan tubuh kamu sendiri?

Dikutip dari Times of India, beberapa hal ini yang bisa terjadi jika kamu makan terburu-buru.



1. Porsi makan lebih banyak

Makan terlalu cepat juga dapat membuat kamu merasa lapar lebih cepat juga. Hal ini akan mengisyaratkan tubuh untuk makan lebih banyak. Jika itu terjadi, maka akibatnya berat badanmu akan bertambah dan mengundang berbagai masalah kesehatan berdatangan.

Saat makan terburu-buru, otak tidak akan diberi waktu untuk menyadari bahwa tubuh sudah merasa penuh, sehingga kamu akan makan lebih banyak dan kalori juga menumpuk, bahkan bisa menyebabkan obesitas.

2. Masalah pencernaan

Makan terburu-buru biasanya akan mengambil gigitan atau suapan makanan yang lebih besar dari biasanya. Selain itu, kamu akan menelannya tanpa mengunyahnya dengan benar. Bahkan, beberapa orang akan menelannya bersamaan dengan minuman berkarbonasi.

Tanpa kamu sadari, kondisi itu akan membuat tubuh atau lebih tepatnya organ pencernaan berhenti untuk mencerna makanan dengan baik. Akibatnya akan menyebabkan kembung dan gangguan pada pencernaan.

3. Mengalami resistensi insulin

Makan dengan terburu-buru juga bisa menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin yang bisa meningkatkan kadar gula darah yang biasa disebut diabetes. Akibatnya, di usia muda ini kamu malah akan menderita salah satu penyakit mematikan itu.

Sebagai pencegahannya, biasakan untuk berhenti makan saat kamu sudah merasa kenyang. Selain itu, atur waktu yang tepat untuk kamu bisa makan lebih santai dan mengunyahnya dengan benar. Hindari makan di depan layar TV, komputer, bahkan ponsel. Itu akan mengalihkan perhatian kamu dan membuat kamu lupa akan jumlah makanan yang sudah kamu konsumsi.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)