Rabu, 01 Jan 2020 10:00 WIB

Susah Kurus? Ini Tips Diet Antimainstream yang Bisa Dicoba di Tahun 2020

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Nggak kurus-kurus juga? Coba lakukan tips antimainstream berikut ini. Foto: iStock
Jakarta - Tahun 2020 sudah di depan mata, tapi berat badan nggak turun-turun juga? Hmm.. bisa saja ada yang salah dengan pola makan yang kamu lakukan.

Perlu diingat diet bukan hanya soal mengurangi porsi makan tetapi juga menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Nggak makan seharian tapi sekali makan juga langsung coklat pasti hasilnya sama saja.

"Kita bahas dulu, kenapa orang bolak balik punya resolusi tapi gagal terus," kata spesialis gizi komunitas, dr Tan Shot Yen, kepada detikcom, Sabtu (28/12/2019).

Nah, berikut ada tips antimainstream pola makan sehat yang dijabarkan dr Tan bagi yang susah kurus dan bisa kamu terapkan di 2020.


1. De-clutter-ing

Buang sampah. Jadi kalau mau makan benar dan hidup sehat, yang harus dilakukan pertama kali adalah bongkar isi kulkas, isi lemari, baik dapur atau pakaian.

Perhatikan kecap, saos, bumbu kemasan, dan makanan yang sudah kedaluwarsa lalu buang. Akhir tahun hitung-hitung bisa berbenah dan beberes.

Begitu juga lemari baju. Baju longgar, kaos kucel dan belel yang 'comfy' disarankan untuk dibuang.

"Hanya orang yang sudah bebersih dan bebenah maka ia bisa "menyambut hal-hal baru" untuk masuk," jelas dr Tan.

2. Bikin rencana

Buat rencana menu. Nggak usah sampai sebulan, buat perencanaan menu selama seminggu ke depan. Niat juga tahun depan untuk mulai mau masak sendiri.

"(Misal) Senin ayam, Selasa tahu, Rabu ikan, Kamis tempe, Jumat jamur, Sabtu seafood, Minggu telur," sebutnya.

3. Eksekusi

"Tiap weekend belanja dong. Sudah punya rencana gitu kan enak. Hemat pula," kata dr Tan.

Tapi, pulang dari belanja, pastikan jangan semua bahan mentah cuma distok di dalam kulkas. Racik seakan-akan siap untuk dimasak.

Masukkan ke dalam wadah-wadah perhari dalam kondisi siap 'naik kompor' atau dimasak. Freezer untuk kelompok daging, malam sebelum dimasak keluarkan agar tidak beku.

"Pagi-pagi sebelum mandi atau sholat subuh, nyalakan kompor. Sholat dan mandi kelar, makanan dah mateng. Bisa buat bekal makan siang juga lho," pungkasnya.



Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)