Rabu, 08 Jan 2020 08:30 WIB

Diet Vegetarian Vs Vegan, Mana yang Lebih Cocok Untukmu?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi seorang pelaku diet vegan atau vegetarian. Foto: iStock Ilustrasi seorang pelaku diet vegan atau vegetarian. Foto: iStock
Jakarta - Vegan dan vegetarian kerap dikira hal yang sama namun sebenarnya berbeda. Diet vegan merupakan diet yang tidak mengkonsumsi produk-produk hewani, susu, telur, madu, dan apapun yang berasal dari hewan.

Alasan mereka memilih diet vegan karena diet ini berdampak baik bagi kesehatan mereka dan juga lingkungan. Pada dasarnya, untuk membedakan mereka yang vegan adalah mereka yang hanya menggunakan barang-barang berbasis tanaman untuk pakaian ataupun makanan.

Dikutip dari Times of India, baik vegan maupun vegetarian sama-sama menghindari daging hewani, namun vegan lebih ketat dan belakangan ini lebih populer daripada vegetarian. Vegetarian dianggap lebih seperti ritual dan konsep 'lama'.


"Vegan dipercayai sebagai diet yang lebih modern, lebih mempedulikan lingkungan dan permasalahannya serta gaya hidupnya dapat mencegah berbagai risiko penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe-2, memperbaiki kadar gula darah, mencegah kanker, dan kematian dini," demikian tulis situs tersebut.

Tertarik mencoba vegan atau vegetarian? Ada beberapa tipe diet vegan dan gaya hidup mereka yang mungkin bisa cocok untukmu:

- Dietary vegan: mereka yang hanya menghindari produk hewani dan memakan daging dan produk yang berasal dari tanaman sebagai makanan mereka.

- Whole-food vegan: mereka yang mengkonsumsi makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, polong, kacang, dan biji.
Let's learn about different kind of veganism and their lifestyle:

- Junk food vegan: mereka yang bergantung pada makanan vegan olahan, seperti daging, gorengan, makanan beku, dan pencuci mulutt vegan, termasuk beberapa kukis dan es krim tanpa susu.


Sementara vegetarian, mereka tidak mengkonsumsi produk hewani dan mengandalkan hanya produk nabati saja karena mereka melawan pembunuhan hewan untuk makanan. Akan tetapi beberapa dari mereka tetap mengkonsumsi produk susu, madu, dan bahkan telur pada saat-saat tertentu dan masih menggunakan produk hewan untuk pakaian seperti sutra, wol, kulit.

Biasanya seseorang menjadi vegetarian karena urusan kepercayaan atau agama tertentu. Mari kita kenali beberapa jenis vegetarian, yang mungkin bisa cocok untukmu:

- Ovo vegetarian: mereka yang mengkonsumsi telur namun tidak mengkonsumsi produk susu maupun hewani.

- Lacto vegetarian: mereka yang mengkonsumsi produk susu namun tidaka mengkonsumsi daging maupun telur.

- Lacto-ovo vegetarian: mereka yang mengkonsumsi telur dan produk susu namun menghindari semua jenis daging.

- Semi vegetarian: mereka yang sesekali makan daging.

- Pescatarian: mereka yang mengkonsumsi ikan dan jenis boga bahari lainnya namun tidak memakan produk hewani lainnya. Terkadang mereka juga disebut semi-vegetarian.



Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)