Jumat, 10 Jan 2020 05:55 WIB

Suka Makan Nasi Padang? Ini Tips Sehat dari Ahli Gizi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Menu masakan padang yang menggoda (Foto: iStock) Menu masakan padang yang menggoda (Foto: iStock)
Jakarta - Masakan minang atau yang lebih dikenal dengan nasi padang memang terkenal dengan rasanya yang lezat, bahkan rendang pun menjadi salah satu masakan terenak di dunia. Namun, terlalu banyak mengonsumsi nasi padang juga tidak baik, karena kandungan lemak yang tinggi bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta Pusat, ahli gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang, Dr Gusnedi, STP, MPH membagikan tips agar tetap sehat ketika ingin mengonsumsi nasi padang.

"Boleh makan minang, tapi perhatikan frekuensinya jangan terlalu sering, kemudian jangan memanaskan kembali makanan secara berulang-ulang," Kata Gusnedi, Kamis (9/1/2020).


Foto: infografis detikHealth

"Kemudian sertai dengan konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup banyak, dan minum air putih harus diperhatikan. Jadi, pola hidup sehat dan seimbang," lanjutnya.

Gusnedi juga mengatakan bagi orang yang menyukai nasi padang lebih baik dibarengi dengan aktivitas fisik, mengingat kandungan kolesterol di dalamnya.

"Aktivitas fisik untuk memproduksi hormon pembentukan kolesterol baiknya dan menurunkan pemecahakn kolesterol buruknya," pungkasnya.



Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)