Minggu, 19 Jan 2020 15:00 WIB

Olahraga Saja Tidak Cukup, Pilihan Makanan Ini Bisa Buat Tubuh Berotot

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Makanan sehat yang bisa bikin tubuh berotot. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Mempunyai tubuh sehat dan bugar memang jadi idaman. Umumnya seseorang akan membuat jadwal olahraga agar target tubuh idealnya tercapai. Namun sekeras apapun olahraga yang kamu lakukan akan menjadi percuma bila tak didukung dengan makanan yang benar.

Ahli gizi dari Florida, McKenzie Flinchum, RD, mengatakan untuk lebih utamakan karbohidrat dan protein setelah olahraga.

"Nutrisi setelah olahraga harus mengandung karbohidrat untuk menambah massa otot, serta kaya protein untuk mempercepat perbaikan otot, dan air putih untuk menghilangkan dehidrasi," ucap Flinchum seperti yang dikutip dari Health.

Tak hanya itu, ini adalah 4 pilihan makanan yang bisa kamu coba untuk meningkatkan daya otot setelah olahraga.


1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang kaya akan nutrisi. Kandungan vitamin B, D, E, Biotin, kalium, asam folat, dan asam lemak omega-3 membuat telur jadi rekomendasi pertama sebagai pilihan kamu

Flinchum menyarankan untuk mengonsumsi 15 sampai 40 gram protein, dan jangan lupa karbohidrat bergizi seperti nasi, kentang, atau oatmeal untuk meningkatkan massa otot.

"Manfaat dari kombinasi protein dan karbohidrat dapat mengisi kembali cadangan glikogen," kata ahli gizi dari Carolina Utara, Rima Kleiner, RD.

2. Yogurt dan buah

Yogurt merupakan cemilan yang sempurna karena dapat meningkatkan asupan protein dan juga sumber karbohidrat yang bergizi. Tak hanya jadi lebih cantik dengan penambahan buah. Kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk tubuhmu.

"Kadar gula akan mudah turun setelah berolahraga, tetapi buah dapat meningkatkannya lagi dengan cepat," kata Flinchum.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]