Selasa, 21 Jan 2020 06:00 WIB

7 Alasan Kenapa Harus Sarapan Telur Pagi Ini

Nurul Khotimah - detikHealth
Telur rebus (Foto: iStock)
Jakarta - Salah satu menu sarapan favorit orang Indonesia adalah telur. Siapa sih yang tidak suka sarapan telur? Banyak orang yang menganggap telur sangat baik jika dikonsumsi di pagi hari. Selain praktis dan murah ini juga karena telur juga memiliki banyak manfaat.

Ada banyak manfaat telur yang sebaiknya kamu pertimbangkan untuk menu sarapanmu. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu makan telur saat sarapan, dirangkum dari Lifehack.

1. Telur membuat kenyang lebih lama
Dibanding dengan sereal dan roti panggang, telur akan membuat kamu bertahan dari rasa lapar lebih lama. Protein dan lemak dalam telur membantu mempertahankan tingkat energi kamu. Selain itu, telur juga membuat kamu lebih puas sehingga mengurangi keinginanmu untuk ngemil di pagi hari.

2. Telur membantu menurunkan berat badan
Keuntungan saat makan telur ialah rasa kenyang yang lebih lama. Ini ditunjukan dari sebuah penelitian bahwa orang yang makan telur untuk sarapan cenderung lebih mudah menurunkan berat badan daripada mereka yang makan bagel, donat, atau roti.

3. Telur adalah sumber protein yang bagus
Sudah menjadi rahasia umum bahwa telur mengandung protein yang bagus dan lengkap. Artinya telur mengandung semua asam amino esensial yang harus kita dapatkan dari makanan kita. Jadi sarapan dengan telur bisa memudahkan tubuh dalam memenuhi kebutuhan protein.



4. Telur cenderung relatif murah
Dibandingkan dengan makanan kaya protein lainnya, telur adalah sumber protein yang paling murah. Dengan begitu cocok untuk siapa saja yang ingin mengonsumsinya.

5. Telur tidak akan membuat kolestrol memburuk
Meski faktanya telur mengandung sejumlah kolesterol. Tapi jika dikatakan kandungan kolestrol lama yang kamu makan berdampak pada kadar kolestrol darah, ini tidak benar. Jadi tidak perlu khawatir makan telur tingkatkan risiko jantung ya!

6. Telur membantu perkembangan otak dan memori
Dalam telur terdapat nutrisi yang disebut kolin. Kolin merupakan nutrisi penting yang dapat merangsang perkembangan dan fungsi otak. Itu juga telah dikaitkan dengan peningkatan retensi dan penarikan memori serta meningkatkan kewaspadaan.

7. Telur melindungi mata
Telur juga mengandung dua antioksidan yaitu, leutin dan zeaxanthin. Keduanya dikatikan dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak di usia tua. Oleh karenanya telur dianggap cocok bagi kamu yang memiliki masalah mata.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)