Selasa, 21 Jan 2020 07:00 WIB

Pilih Telur Matang atau Setengah Matang? Ini Plus-Minusnya

Nurul Khotimah - detikHealth
Pilih telur matang atau setengah matang? (Foto: iStock)
Jakarta - Beberapa orang memilih sarapan dengan telur setengah matang. Mereka berpendapat bahwa telur setengah matang itu lebih enak dan lebih sehat. Tapi sebagian lagi juga percaya bahwa makan telur matang itu lebih baik. Telur mentah sendiri memiliki manfaat kesehatan yang hampir sama dengan telur dimasak atau matang.

Dikutip dari Times of India, telur yang dimasak tidak memiliki risiko salmonella, sejenis bakteri berbahaya yang ada dalam telur. Telur mentah atau setengah matang dapat terkontaminasi oleh salmonella baik karena ayam yang bertelur terinfeksi bakteri, atau karena telur diletakkan dalam kondisi yang tidak sehat.

Memasaknya akan membunuh bakteri yang masih hidup, karena mereka tidak dapat bertahan hidup dalam panas. Salmonella bisa berbahaya dan menyebabkan keracunan makanan, gangguan pencernaan, diare, kram perut, dan demam.

Selain itu, mengonsumsi telur mentah juga dikaitkan dengan kekurangan biotin. Putih telur yang mengandung avidin berkaitan dengan biotin dan ini akan menghambat penyerapan saluran pencernaan. Dengan memasak telur akan menghancurkan kekuatan ikatan avidin. Sehingga ketika kamu makan telur yang matang kemungkinan masalah penyerapan akan teratasi.



Jadi apakah sebaiknya makan telur matang saja? Telur matang memiliki senyawa glikotosin yang dapat meningkatkan risiko diabetes dan jenis penyakit kronis lainnya. Glikotoksin ini biasanya berkembang ketika kamu memasak terlalu lama atau memasaknya dengan api besar. Ini berarti bahwa telur mentah tidak memiliki glikotoksin. Tanpa glikotoksin, telur mentah atau setengah matang lebih sehat karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada yang dimasak.

Untuk itu masaklah telur dengan api kecil saja agar menghindari senyawa glikotoksin. Bagi anak kecil, orang tua, dan wanita hamil sepertinya harus benar-benar menghindari telur mentah. Meski telur mentah ini sehat tapi tidak ada yang mengatakan bahwa telur mentah 100 persen aman. Mungkin ada risiko telur mentah yang terkontaminasi dan tidak terdeteksi.

Jadi kamu tim makan telur setengah matang atau telur matang?



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)