Sabtu, 25 Jan 2020 08:10 WIB

Terlambat Makan Bikin Perut Kembung? Ini Penjelasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kadang terlambat makan bisa buat perut terasa kembung, (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Perut kembung merupakan fenomena yang umum terjadi, biasanya usai kita makan. Akan tetapi bagaimana jika kamu belum makan apapun atau terlambat makan tapi perut terus-terusan kembung?

"Kembung itu normal dan bagian dari proses pencernaan tubuh kita," kata Laura Manning, ahli diet dari New York, seperti dikutip dari The List.

Laura menyebutkan bahwa kapan dan apa yang kita makan bisa jadi penyebab perut terus-menerus terasa kembung. Dan itu termasuk juga karena melewatkan waktu makan dan hanya mengonsumsi kopi atau teh sampai waktu makan berikutnya.

Otomatis perut akan mencari sesuatu untuk dicerna dan jika tidak menemukan apapun, usus akan menciptakan gas. Melewatkan waktu makan juga bisa menyebabkan perut mencerna makanan yang berlebih nantinya, sehingga menyebabkan perut yang membesar atau menonjol.

Kamu mungkin juga perlu melihat apa yang kamu makan, bisa jadi memicu produksi gas berlebih. Hal ini bisa terjadi saat kita memakan makanan yang termasuk dalam kategori kelompok FODMAPS (fermentable oligosaccharides, disaccharides, monosaccharides, dan polyols) yang bisa memicu perut kembung.

"Kita memiliki sejumlah gas yang meningkat di dalam tubuh setelah memakan makanan tersebut, tapi beberapa dari kita bereaksi lebih parah daripada lainnya," kata Kyle Staller, seorang gastroenterolog.

Makanan yang termasuk dalam kelompok ini adalah gandum, bawang-bawangan, legume, kacang-kacangan, madu, asparagus, susu dan produknya yang mengandung laktosa, yang terkadang tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan kita.

Selain itu, perut kembung juga bisa mengindikasikan kurangnya serat dalam makananmu. Akan tetapi, bisa juga menjadi gejala beberapa penyakit seperti iritasi usus, penyakit celiac, dan sembelit.



Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)